AMBOINA

10.000 Benih Ikan Kakap Putih Ditebar di Teluk Ambon

Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Arik Hari Wibisono dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Michael Waittimena saat menebar benih ikan kakap putih di Teluk Ambon, Kamis (30/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan bersama Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon menebar sebanyak 10.000 ekor benih ikan kakap putih, benih ikan bubara dan benih ikan hias di perairan Teluk Ambon, Kamis (30/11/2017).

Penebaran benih ikan tersebut dilakukan Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Arik Hari Wibisono, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Maichel Wattimena, Kasdam VI Pattimura, Komandan Lantamal IX Ambon dan Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon.

Menurut Arik Hari Wibisono penebaran benih ikan yang dilakukan itu merupakan upaya untuk melestarikan keberadaan ikan sekalgus menjaga stok ikan nasional agar tetap terjaga.

“Kegiatan Restoking merupakan upaya untuk mendorong semua kegiatan budidaya agar harus mandiri berdaya saing dan berkelanjutan, Restoking atau penebaran benih ke alam tujuan utamanya adalah pemulihan stok ikan di laut dengan harapan ikan di perairan Ambon bisa terjaga keberadaan dan kelestariannya,”ungkapnya kepada waratwan usai kegiatan itu.

Dia berharap dengan penebaran benih ikan di laut Ambon itu diharapkan produksi perikanan tangkap lebih meningkat sehingga masyarakat nelayan tidak kesulitan mendapatkan ikan.

”Harapannya bisa meningaktkan produksi perikanan hingga dapat mensejahterakan masyarakat, kalau ikan-ikan itu besar bisa ditangkap oleh nelayan. bisa di makan dan biasa dijual,”ungkapnya.

Dia mengaku penebaran benih ikan telah menjadi program prioritas, apalagi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susu Pudjiastuti telah member target kepada Dirjen Perikanan dan Budidaya untuk tahun ini dapat menebar sebanyak 25 juta benih ikan.

“Untuk tahun ini direktorat perikanan mendapat target dari Ibu Menteri untuk melakukan restoking 25 juta benih ikan dengan berbagai macam jenis ikan, baik ikan air tawar, bandeng, udang dan ikan laut. Alhamdulillah sampai saat ini sudah hampir 50 juta yang terealisir dan itu tersebar di 20 provinsi,”ungkapnya.

Sebelum penebaran benih ikan itu dilakukan, Wakil Ketua Komisi IV, Michael Wattimena terlebih dahulu menyerahkan sejumlah bantuan sarana budidaya kepada kelompok budidaya perikanan yanga da di Ambon. Dalam kesempatan itu juga diberikan 100 ribu benih ikan hias dan ikan konsumsi kepada para pembudidaya.

“Harapannya bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”kata Wattimena (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top