OLAHRAGA

Abduh Lestaluhu Buktikan Diri Sebagai Orang Maluku

AMBON- Timnas Indonesia harus mengakui keperkasaan tuan rumah Thailand, setelah kalah 2-0 tanpa balas dalam pertandingan partai Final leg kedua Piala AFF 2016 yang bebrlangsung di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).

Tak hanya menelan kekalahan di kandang lawan, Indonesia juga harus mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain di detik tersisa perpanjangan waktu.

Indonesia mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Abduh Lestaluhu dikartu merah pada injury time babak kedua oleh wasit. Kartu merah itu didapat Lestaluhu setelah pemain bertahan asal Desa Tulehu itu kesal dan menendang bola ke arah bangku cadangan Thailand.

Insiden itu terjadi saat Lestaluhu yang saat itu berada di pinggir lapangan meminta bola kepada ofisial Thailand untuk melakukan lemparan ke dalam. Namun ofisial Thailand sengaja menahan bola yang diminta Lestaluhu untuk mengulur waktu yang tersisa.

Lestaluhu yang kesal pun langsung menendang bola sekeras -kerasnya ke arah bangku cadangan Thailand. Sontak, para pemain Thailand yang berada di bangku cadangan langsung berhamburan untuk menghampiri pemain yang juga membela klub PS TNI itu.

Kericuhan kecil sempat terjadi setelahnya, namun tidak berlangsung lama sehingga pertandingan dapat langsung dilanjutkan kembali. Wasit Mohammed Abdulla Hassan yang memimpin pertandingan pun langsung mengeluarkan kartu merah dari sakunya dan mengusir Lestaluhu dari dalam lapangan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-0 tetap tidak berubah untuk kemenangan Thailand. Kekalahan itu sekaligus memupuskan harapan Indonesia untuk meraih gelar juara Piala AFF 2016.

Sebelumnya, Indonesia berhasil menang 2-1 dalam pertandingan leg pertama yang digelar di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (14/12/2016). Dengan demikian, Thailand berhak atas gelar juara karena unggul agregat 3-2.

Menanggapi sikap Lestaluhu itu, sejumlah nitizen ikut memberikan tanggapannya di media sosial usai pertandingan itu berakhir.

“Musti bagi ade manis Abduh Lestaluhu, ale bikin bangga beta sebagai orang Maluku, kalau orang bikin salah harus tunjukan sikap tegas sebagai anak Maluku, itu jati diri katong orang Maluku,”tulis di Moses Alfons di status Blackberry Masenger miliknya.

Sejumlah nitizen yang kesal dengan sikap salah satu ofisial Thailand itu malah berharap saat itu Lestaluhu harusnya melakukan protes yang lebih keras lagi.

“Malona Abdu eee… beta pung mau tadi jang ale tandang ka dong tapi sorong la pukul pohong talingang,”tulis Hidayat Samalehu di akun facebooknya.

“abdu lestaluhu memperkecil rasa kesalku
#hajaaaarr,”tulis Burgen Patty di akun facebooknya. (SMN)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top