AMBOINA

Antrian Panjang di Kantor Disdukcapil Usai Libur Panjang

Kantor Disdukcapil Ambon

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon yang berada di kawasan Belakang Soya, Kecamatan Sirimau ‘diserbu’ warga, Kamis (4/1/2018). Kantor ini sebelumnya tidak beraktifitas selama dua hari usai liburan tahun baru.

Saat beraktifitas kembali, kantor ini langsung dibanjiri warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan. Banyaknya warga yang datang, membuat antrean panjang di loket-loket pelayanan sulit terhindarkan.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Selly Haurissa mengatakan antrian panjang itu terjadi karena aktivitas pelayanan di kantor Disdukcapil baru kembali dibuka.

“Karena dua hari yang lalu tepatnya tanggal 2 dan 3 Januari tidak ada aktivitas pelayanan dan baru dibuka hari ini jadi masyarakat sangat banyak yang datang,”katanya.

Dia mengatakan, pihaknya baru membuka pelayanan kepada masyarakat pasca liburan Tahun Baru karena pihaknya sedang melakukan pencucian data terhadap data penduduk yang anomali atau ganda. Dengan begitu maka seluruh data bersih dari masyarakat yang ada di Kota Ambon dapat diketahui dengan jelas dan pasti.

“Iya kemarin itu kan kita lakukan pencucian data jadi tidak ada pelayanan, dan hari ini baru aktivitas pelayanan dibuka kembali,”sebutnya.

Dia menambahkan setelah pencucian data dilakukan maka pihaknya hanya tinggal menunggu data dari pusat. Dia mengaku untuk saat ini pihaknya telah menggunakan sistem baru berbasis online sehingga dapat lebih cepat menangani masyarakat yang melakukan pengurusan.

“Jadi hari ini su selesai tinggal admin pasang password baru karena kita pakai sistim baru to dan sistimnya sudah naik lagi,” tambahnya.

Diungkapkannya, dengan sistim baru maka pelayanan kepada masyarakat akans emakin cepat sebab dilakukan secara online. Selain itu, pihaknya tetap menerapkan nomor antrian untuk menghindari adanya salah paham antara masyarakat yang melakukan pengurusan di kantor Disdukcapil.

“Jadi sekarang dong sudah setting baru akang jadi ada perubahan-perubahan sedikit. tadi juga ada arahan dari admin untuk atur akang sementara yang di pengurusan KTP nanti tambah satu orang lagi,” terangnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top