KRIMINAL

Aparat Polda Maluku Gagalkan Penyelundupan 130 Karung Batu Cinnabar

Aparat Subdit I Reskrimum Polda Maluku menggagalkan upaya penyelundupan 130 karung batu cinnabar

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aparat Polda Maluku mengamankan sebanyak 130 karung batu cinnabar illegal dalam sebuah operasi penggebrekan di salah satu rumah warga di kawasan Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.

Dalam operasi penggebrekan yang berlangsung pada Rabu (10/1/2018) itu, polisi ikut mengamankan pemilik rumah berinisial S. Sesuai rencana ratusan karung batu cinnabar itu oleh pemiliknya akan diselundupkan ke luar Maluku.

Kabis Humas Polda Maluku, Kombes Muhamad Rum Ohoirat kepada sejumlah wartawan di kawasan Tantui Ambon mengatakan ratusan karung batu cinnabar yang ditangkap itu beratnya mencapai empat ton.

“Tim dari Subdit I Reskrimum Polda Maluku yang dipimpin Kompol Hendrik mereka berhasil menangkap upaya penyelundupan batu cinnabar yang jumlahnya sebanyak sekitar 130 karung. Dimana setiap karung diatas 30 kilgramo, kalau kita totalkan jumlahnya kurang lebih 4 ton”kata Rum saat memberikan keterangannya, Kamis (11/1/2018).

Saat ini barang bukti ratusan karung batu cinnabar itu telah diamankan polisi di kantor Subdit I Diskrimum Polda Maluku di kawasan Tantui Ambon. Menurut Rum, dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan penyidik, upaya penyelundupan ratusan karung batu cinnabar itu dikendalikan oleh seorang warga berinisial J.

“Kasus ini digerakan oleh salah satu tahanan dengan kasus yang sama inisialnya J. Sejauh ini sudah tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka,”katanya.

Dia menambahkan ketiga tersangka yang terlibat dalam kasus penyelundupan batu cinnabar itu akan dijerat dengan Undang-undang minerba pasal 158 dengan ancaman hukuman 0 tahun penjara denda maksimal 1 miliar.

Sementara Kepala Subdit I Reskrimum Polda Maluku, Kompol Hendrik mengatakan sesuai arahan pimpinan, pemberantasan kasus penyelundupan batu cinnabar tidak hanya akan dilakukan oleh pemilik bahan dasar mercuri itu namun juga terhadap jaringan-jaringannya seperti pemilik modal dan siapapun yang terlibat dalam bisnis tersebut.

“Jadi kami peringatkan kepada masyarakat baik yang di Maluku maupun yang di luar daerah jangan coba-oba lagi melakukan kegiatan penambangan illegal batu cinnabar dan mengedarkannya,”katanya (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top