AMBOINA

Awal Tahun Ely Toisuta Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon

Bendahara Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Bendahara Fraksi Partai Golkar, Ely Toisuta bakal dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon pada awal tahun 2018 mendatang. Sesuai jadwal pelantikan akan berlangsung dalam rapat paripurna istimewa.

Rencana pelantikan Toisutta sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon telah dijadwalkan melalui rapat badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Ambon beberapa waktu lalu.

“Terkait pelantikan ibu Ely Toisuta, sebagai wakil ketua DPRD Kota Ambon sendiri, sudah dijadwalkan dalam rapat Bamus DPRD Kota Ambon. Dan sudah tidak ada masalah lagi terkait hal tersebut. Kita hanya tinggal mempersiapkan proses pelantikanya saja diawal tahun 2018 nanti,” jelas Ketua DPRD Kota Ambon James Maatita kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon Rabu (6/12/2017).

Terkait proses pelantikan tersebut, dirinya sudah mengintruksikan kepada Sekertaris Dewan (Sekwan) Kota Ambon, agar segera melakukan koordinasi dengan Pengadilan Negeri (PN) Ambon guna persiapan pelantikan.

“Tutup buka masa sidang I tahun 2018 itu, dijadwalkan akan dilakukan pada 6 januari 2018 mendatang. untuk itu, mengigat SK Gubernur juga sudah diterima sejak pekan lalu oleh DPRD Kota Ambon. Jadi Sekwan harus segera mungkin mempersiapkan proses pelantikanya,” jelas Maatita.

Usulan pelantikan anggota DPRD Ambon Elly Toisuta sebagai pimpinan DPRD Ambon, berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku nomor 123 tahun 2017, tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD Ambon periode 2014-2019.

Keputusan tersebut telah melalui beberapa pertimbangan dengan memperhatikan keputusan Gubernur Maluku nomor 244 tahun 2014 tanggal 8 Oktober 2014 nomor 403 tahun 2016 tanggal 16 Desember 2016.

Eli Toisuta akan menduduki jabatan yang ditinggalkan oleh Almarhum Hi. Husen Toisuta. Dia juga ditunjuk berdasarkan SK DPP Golkar nomor 906/Golkar/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016.

Perihal persetujuan penggantian Wakil ketua DPRD Ambon. Serta surat pimpinan DPRD Ambon nomor 172.2/82/DPRD tanggal 17 Maret 2017. Perihal PAW Pimpinan DPRD Ambon. Dan terakhir, surat Penjabat Wali kota Ambon nomor 171/1528/Setkot tanggal 27 Maret 2017.

Perihal PAW Pimpinan DPRD Ambon. Dan terakhir, surat Penjabat Walikota Ambon nomor 171/1528/Setkot tanggal 27 Maret 2017. Perihal PAW Wakil Ketua DPRD Ambon. Sehingga calon yang diusulkan (Elly Toisuta), akan dilantik sebagai PAW Wakil Ketua DPRD Ambon.

Menurut James, Ely Toisuta dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai PAW Wakil Ketua DPRD kota Ambon , dan telah ditandatangani oleh gubernur terkait PAW tersebut. “ Jadi sekarang, yang bersangkutan (Ely Toisuta) hanya menunggu penetapan proses pelantikan lewat rapat paripurna istimewa yang telah ditetapkan oleh Bamus DPRD Ambon, terangnya. (SME)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top