POLITIK

Bahaweres: PPP Hanya Dukung Calon yang Punya Elektabilitas Tinggi

Wakil Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PPP Maluku, Reza Bahaweres (kedua dari kiri)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sejumlah partai politik secara resmi telah mengeluarkan rekomendasi kepada sejumlah bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan maju di Pilgub Maluku 2017.

Partai-partai yang telah mengeluarkan rekomendasinya untuk Pilgub Maluku yakni Partai NasDem, PAN, Hanura dan PKPI untuk Irjen Pol Murad Ismail, PKS untuk Said Assagaff, dan PKB untuk pasangan Barnabas Orno-Habiba Pellu.

Meski sejumlah partai telah mengambil keputusan dengan mengeluarkan rekomendasi, namun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga kini belum juga mengeluarkan rekomendasi untuk kandidat manapun. Padahal hasil Mukerwil DPW PPP beberapa waktu lalu telah menetapkan dua nama yakni Said Assagaff dan Murad Ismail untuk dikirim ke DPP PPP.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PPP Maluku, Reza Bahaweres menegaskan PPP memiliki mekanisme untuk menetapkan siapa yang akan diusung dalam Pilgub Maluku. Salah satu mekanisme yang digunakan adalah tingkat elektabilitas calon.

“Saya kira semua partai melihat sisi elektabilitas dan kapabilitas serta kepopuleran kandidat. untuk itu, DPP PPP dalam memberikan rekomendasi jadi hasil survei itu penting,” kata Bahaweres kepada wartawan, Senin (23/10/2017).

Dia mengaku, meski Irjen Murad Ismail mendapat dukungan mayoritas dari DPC saat Mukerwil beberapa waktu lalu, namun hal itu tidak lantas menjadi jaminan Jenderal Polisi bintang dua itu akan langsung diusung PPP di Pilgub Maluku mendatang,”Hasil Mukerwil yang dilakukan oleh DPW bukan sebagai penentu arah rekomendasi,”ujarnya.

Dia mengaku pasca Mukerwil, sturktur kepengurusan DPC telah mengalami perubahan, sehingga keputusan yang telah diambil bisa saja berubah.

“Kondisi ini dapat berubah sebab sudah ada perubahan struktur DPC 11 kabupetn Kota yang. Karenannya, dukungan di Mukerwil juga bisa berubah drastis pada kepengurusan setiap struktur yang baru,” tandasnya.

Murad sendiri memperoleh dukungan mayoritas dari DPC saat pelaksanaan Mukerwil yang berlangsung di Ambon beberapa wkatu lalu. Saat itu para pemilik suara memberikan dukungan kepada mantan Kapolda Maluku itu agar dapat diusung PPP. Murad mengalahkan Said Assagaff yang hanya mendapat dukungan dari DPC Kota Ambon.

Menurut Bahaweres, meski menang di Mukerwil namun arah rekomendasi PPP tidak mutlak harus diberikan kepada Murad Ismail. Sebab keputusan final soal rekomendasi merupakan hak mutlak dari DPP,”Jadi kita tunggu saja keputusan DPP,”katanya singkat. (SME)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top