MALUKU

Banjir Setinggi Paha Terjang Dua Desa di Kairatu Barat, Puluhan Rumah Terendam

Banjir landa deaa Kamal dan Nurue, Senin (8/1/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) selama beberapa jam menyebabkan terjadinya musibah banjir di sejumlah desa di kecamatan tersebut, Senin (8/1/2018).

Tercatat dua desa mengalami banjir paling parah yakni di Desa Kamal dan Desa Nurue. Di dua desa ini, banjir menyebabkan puluhan rumah warga ikut tergenang. Tinggi genangan air bahkan mencapai paha orang dewasa.

Tidaka da korban jiwa dalam musibah tersebut, namun sejumlah warga yang rumah-rumahnya tergenang banjir terpaksa memilih keluar dari rumah-rumah mereka. Setelah banjir surut mereka kemudian kembali lagi kerumahnya untuk membersihkan materil banjir dan sampah yang berserakan di rumah mereka.

Nel tlingkery salah seornag warga Desa Kamal menuturkan musibah banjir yang di desanya itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur desanya selama kurang lebih tiga jam tanpa henti. Dia mengaku rumahnya ikut tergenang banjir akibat musibah tersebut.

“Setiap kali musim hujan rumah saya terus kebanjiran. Selama ini tidak ada penanganan apapun dari Pemda setiap kali banjir,”kata Nel.

Warga Kamal lainnya, Maya Lopulalan Souhaly yang juga ikut menjadi korban banjir berharap agar pemerintah desa dan pemerintah daerah bisa melihat kondisi yang sering dialami warga di desa itu, sebab setiap kali datang banjir barang barang mereka banyak yang rusak karena terendam.

“Harapannya pemerintah daerah bisa melihat kondisi kami disini, agar kedepan tidak lagi seperti ini,”katanya.

Selain merendam rumah-rumah warga, banjir yang terjadi di dua desa tersebut juga ikut menggenangi ruas jalan lintas seram yang ada di kedua desa tersebut. Akibatnya banyak kendaraan yang melintas di jalan tersebut harus lebih ekstra hati-hati. (SMN)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top