GAYA HIDUP

BPOM Pastikan Permen Dot di Ambon Steril dari Narkoba

permen dot

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Permen berbentuk dot susu atau permen keras yang dicurigai mengandung narkotika telah selesai diuji laboratorium Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku . Hasilnya, permen tersebut negatif mengandung narkotika.

Di Kota Ambon sendiri, permen itu telah beredar luas, dan sempat menimbulkan keresahan di masyarakat, meski begitu dari hasil pemeriksaan yang dilakukan BPOM tidak menemukan adanya zat berbahaya dalam permen tersebut.

Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku, Sandra Linthin, mengatakan pihaknya sudah melakukan pengujian terhadap 16 item yang diujikan untuk mengetahui ada tidaknya kandungan zat adiktif. Hasilnya menunjukkan negatif semua.

“Kami uji ada tidak kandungan amfetamin dan metamfitamin,”kata Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku, Sandra Linthin di Kantor BPOM Maluku, Kudamati, Kamis (30/3/2017).

Diakuinya, permen ini layak dikonsumsi karena tidak mengadung bahan berbahaya yang mencurigakan. “Karena kami sudah melakukan uji laboratorium terkait dengan kadarnya dan hasilnya negatif narkotika,”katanya.

Dia menambahkan pengujian kandungan rhodamin B dan formalin pada permen dot juga menunjukkan hasil negatif. Sehingga pihaknya mengaku bahwa permen tersebut masih bisa beredar dan dikonsumsi. “Kami minta masyarakat tenang namun tetap waspada mengonsumsi makanan apa pun karena bisa saja terkontaminasi atau dikontaminasi,” imbuhnya.

Berdasarkan penelitian BPOM, permen dot telah mengantongi izin edar yang akan berakhir pada 2018 mendatang. Permen impor dari Cina itu banyak diperjualbelikan di berbagai toko dan juga lingkungan sekolah di Kota Ambon. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top