POLITIK

Daftar ke KPU, Pasangan ‘HEBAT’ Diarak Ratusan Pendukung dengan Musik Totobuang

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pasangan bakal calon Gubenrur dan Wakil Gubernur Maluku dari jalur independen, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) ikut mendaftar ke KPU Provinsi Maluku, Selasa (9/1/2018).

Pasangan HEBAT mendatangi kantor KPU Maluku di jalan Sultan Hasanudin sekira pukul 15.30 WIT sambil diarak ratusan masa pendukungnya dengan alunan musik totobuang khas Maluku.

Mereka tiba di Kantor KPU Maluku disaat KPU sedang menerima berkas pendaftaran pasangan bakal calon guebrnur dan wakil gubernur petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun.

Sempat menunggu sekitar dua jam lamanya di lantai satu kantor KPU Maluku, pasnagan ini akhirnya mendaftar setelah pasangan petahana meninggalkan aula Gedung KPU Maluku tempat berlangsungnya proses pendaftaran.

Berkas dokumen pencalonan diserahkan oleh juru bicara pasangan HEBAT, Nahwan Matdoan dan diterima Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun.

Pasangan HEBAT mendaftar ke KPU dengan bermodal 71.485 dukungan. Jumlah itu belum memenuhi persyaratan pencalonan, sebab syarat minimail bagi pasangan perseorangan yang akan maju di Pilkada Maluku sesuai ketentuan yakni sebanyak 122.894 dukungan.

Meski begitu KPU tetap membuka ruang bagi pasangan ini untuk mendaftar sambil menunggu perbaikan berkas dukungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sesuai ketentuan, pasangan HEBAT harus memasukan dukungan tambahan sebanyak 102. 918 dukungan atau dua kali lipat dari kekurangan jumlah syarat dukungan sebanyak 51.409.

“Dokumen BA8 ada tapi tidak memenuhi perysaratan, jadi harus dimasukan lagi tambahan dua kali lipat kekurangan sebanyak 51.410 dukungan yang jumlahnya adalah 102. 920 dukungan,”kata Komisioner KPU Maluku, La Alwi saat memeriksa berkas pencalonan pasnagan HEBAT.

Dia menjelaskan sesuai ketentuan yang berlaku, maka pasangan HEBAT sudah harus memasukan syarat dukungan tambahan itu pada tanggal 18-20 Januari terhitung sejak pasangan ini mendaftar ke KPU.

Sementara bakal calon gubernur Maluku, Herman Koedoeboen mengaku optimistis dia dan Abdullah Vanath dapat lolos sebagai peserta di Pilkada Maluku.

Dia mengatakan waktu perbaikan berkas dukungan masih sangat jauh sehingga pihaknya akan segera memasukan perbaikan dukungan yang diminta KPU,“Nanti lihat saja pada waktunya nanti kalian (waratwan) bisa tahu disini,”katanya penuh optimis.

Senada dengan Herman, juru bicara pasangan HEBAT, Nahwan Matdoan mengaku pihaknya telah menyiapkan tambahan sayarat dukungan untuk melengkapi berkas pencalonan. Dia pun meminta kepada para pendukung pasnagan HEBAT agar tetap bersabar hingga keputusan finaldari KPU dikeluarkan.

“Kita sudah siapkan semua, soal ada yang ragu itu urusan mereka, yang jelas kita akan menyerahkan dokumen perbaikan syarat dukungan ke KPU,”katanya
(SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top