INTERNASIONAL

Demo Anti-Trump Ricuh

Gelombang protes terhadap terpilihnya Donald Trump sebagai presiden memasuki hari ketiga. Sama seperti sebelumnya, para demonstran memenuhi jalan-jalan dan menghelat aksi menyalakan lilin di beberapa kota di AS.

Namun, aksi anti-Trump itu menjadi kacau di Portland, Oregon. Berawal dari aksi jalan yang damai, demo itu berubah menjadi kekerasan. ”Semakin malam, massa melempari petugas keamanan dengan benda-benda, mencorat-coret lokasi bisnis, dan merusak mobil-mobil,” ulas Kepala Kepolisian Portland Sersan Pete Simpson.Polisi kemudian berusaha membubarkan kerumunan dan menangkap setidaknya 26 demonstran yang dianggap sebagai provokator.

Di Oakland hal serupa terjadi. Sekitar 1.000 demonstran mengubah aksi damai menjadi aksi kekerasan. Mereka menghancurkan kaca-kaca, melakukan aksi graffiti di gedung-gedung, dan melempari jalan dengan kembang api raksasa. ”Kami juga dilempari bom molotov yang terbuat dari alkohol,” ujar pihak otoritas.

Sementara di Los Angeles, warga berkerumun di depan City Hall sambil berteriak, “Bukan presiden kami,” berulang-ulang. Pun demikian di depan Gedung Putih. Mereka membawa spanduk dan plakat yan antara lain bertulis, Donald Trump rasis.

Trump sendiri langsung menanggapi berbagai aksi itu dengan keras. Lewat akun Twitternya dia menulis, “Baru saja menjalani pemilihan presiden yang terbuka dan sukses. Sekarang tukang protes profesional yang didukung media, menghelat demonstrasi. Sangat tidak adil.” (Fajar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top