POLITIK

Dukungan Sah Hanya 71.485, Apakah ‘HEBAT’ Akan Tetap Hebat?

Pasnagan HEBAT

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Rekapitulasi jumlah syarat dukungan kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku dari jalur independen, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku akhirnya selesai, Senin sore (8/1/2018).

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan dari 11 kabupaten kota di Maluku, pasangan HEBAT hanya memenuhi syarat dukungan sah sebanyak 71.485. Jumlah itu menurut aturan tidaklah memenuhi syarat pencalonan, sebab syarat minimal untuk calon independen untuk mendaftar di Pilkada Maluku haruslah mendapat dukungan KTP atau surat keterangan sebanyak 122.894

Penetapan rekapitulasi syarat dukungan pasangan HEBAT ini berlangsung dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi jumlah dukungan bakal pasangan calon perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018 yang berlangsung di aula Kantor KPU Maluku.

Rapat Pleno yang dipimpin langsung Ketua KPU Maluku, Syamsul Rivan Kubangun itu turut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Elly dan bakal calon gubernur Herman Koedoeboen beserta tim pemenangannya.

Rapat pleno rekapitulasi tersebut sempat diwarnai perdebatan antara Herman dan komisioner KPU Maluku, Almudtasir Sangadji, namun setelah itu Herman bisa menerima hasil rapat pleno tersebut.

Dengan jumlah dukungan sah yang hanya 71.485 maka secara otomatis pasangan HEBAT masih kekurangan 51.409 dukungan. Itu berarti jika HEBAT ingin terus maju di Pilgub Maluku, maka syaratnya HEBAT harus dapat mengumpulkan KTP dua kali lipat dari jumlah 51.409 atau sebanyak 102. 918 dukungan sah dalam waktu 10 hari terhitung sejak rapat pelno itu berakhir.

“Agar bisa lolos, pasangan HEBAT harus memasukan dua kali lipat dari jumlah minimal syarat dukungan yang kurang dan setelah itu kita verifikasi lagi,” kata Ketua KPU Maluku, Syamsul Rivan Kubangun.

Senada dengan Kubangun, komisioner KPU Maluku, La Alwi mengatakan jika pasnagan HEBAT tetap menginginkan untuk lolos sebagai peserta di Pilkada Maluku, maka mereka harus melengkapi persyaratan sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undnag.

“Syaratnya HEBAT harus menambah dukungan dua kali lipat yakni sebanyak 1.02.918 dari jumlah yang kurang sebanyak 51.409,”katanya.

Meski tidak memenuhi perysaratan jumlah minimal dukungan, pasangan HEBAT tetap diberikan kesempatan untuk mendaftar ke KPU. Dia menyebut dalam ketentuan PKPU, dalam ketentuan peraturan KPU, bahwa bakal pasangan calon perseorangan yang telah mendapatkan formulir B8-KWK perseorangan apakah memenuhi syarat minimum jumlah dukungan atau tidak berhak mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon.

“Nanti ada masa perbaikan dan saat itu kita akan meneliti perbaikannya,”ujarnya. (SMN)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top