AMBOINA

Gara-Gara Lomba Ludo King, Pelayanan Publik di Pemkot Ambon Lumpuh

Kantor Wali Kota Ambon

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aktivitas pelayanan di Kantor Pemerintah Kota Ambon lumpuh seketika setelah sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor tersebut memilih mengikuti berbagai perlombaan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Ambon ke-422, Jumat (18/8/2017).

Berbagai jenis perlombaan dalam rangka menyambut HUT Kota Ambon-422 pada 7 September 2017 mendatang meliputi lomba gerak jalan, lomba masak hingga lomba game ludo king. Diantara ketiga lomba itu lomba ludo king termasuk paling menyita antusias para ASN.

Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah keseluruhan ASN yang meninggalkan tugas utamanya untuk mengikuti berbagai perlombaan itu, namun diperkirakan ada ribuan ASN yang terlibat dalam kegiatan perlombaan tersebut.

Akibat banyaknya ASN yang memilih mengikuti perlombaan itu, kantor Wali Kota Ambon dan sejumlah kantor Dinas yang berada di areal kantor Wali Kota Ambon terlihat sepi sejak pagi. Suana ramai dan kesibukan di kantor itu pun terlihat nampak lengang.

Buntutnya sejumlah warga yang hendak melakukan pengurusan di Kantor Wali Kota Ambon terpaksa gigit jari dan akhirnya memilih pulang ke rumahnya, setelah sempat menunggu beberapa jam di kantor tersebut.

Sepinya aktivitas di Balai Kota Ambon mulai mulai terlihat sekira pukul 08.00 WIT bertepatan dengan dimulainya pelayanan di kantor tersebut. Kondisi itu menyebabkan aktivitas pelayanan sedikit terhambat karena hampir semua ASN turut dalam lomba menjelang HUT Kota Ambon. Pelayanan hanya hanya terihat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ambon dan Badan Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD).

Sejumlah warga yang hendak melakukan pengurusan di dinas yang dituju terpaksa memilih pulang karena tidak adanya proses pelayanan. Lomba yang diadakan menjelang HUT Kota Ambon ini diikuti hampir semua ASN, sehingga aktivitas pelayanan dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor Balai Kota terlihat sepi.

Salah seorang warga, Steven yang hendak berurusan di kantor tersebut mengaku kecewa karena tidaka da ASN yang melayaninya. “Saya memang ada keperluan untuk datang kseini, saya juga ingin berurusan di Dinas Perhubungan namun tidak ada pelayanan, katanya semua PNS sedang ikut loba,”ujarnya.

Warg lalinnya yang ditemi di kantor Wali Kota Ambon, Salim mengaku kegiatan menyambut HUT Kota Ambon sebenarnya adalah kegiatan yang sangat positif, hanya saja dia mengatakan proses pelayanan kepada masyarakat tidak boleh sampai ditinggalkan karena itu merupakan tugas dan tanggung jawab setiap ASN.

“Jadi jangan sampai proses pelayanan kepada masyarakat itu terganggu hanya karena ada perlombaan, itu sangat keliru sekali,”sebutnya. (SMN)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top