AMBOINA

Geger di Terminal Mardika, Tas Berisi Sabun dan Sikat Gigi Dikira Bom

Tim Gegana Polda Maluku mengamankan sebuah tas yang dicurigai berisi bahan peledak di kawasan Terminal Mardika Ambon, Rabu (29/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Warga di terminal Mardika dihebohkan ulah seorang pria yang diduga memiliki gangguan kejiwaan, Rabu (29/11/2017) sekira pukul 10.00 WIT.

Pria tersebut membuat seisi warga di terminal Mardika kepanikan, lantaran potongan besi yang dipegangnya dikira bom. Tak hanya itu tas ransel yang dibawanya juga dicurigai berisi benda berbahaya.

Atas laporan warga, sejumlah petugas Satpol PP Kota Ambon yang berada di termina Mardika langsung mengejar pria tersebut. Mereka menemukan pria misterius itu di depan Kafe Hatukau, Batu Merah. Para anggota Satpol PP itu kemudian mengamankan potongan besi dan tas yang dicurigai berisi bahan berbahaya tersebut dan langsung dibwa ke Terminal A1 Mardika.

Setelah itu tim penjinak bom dari satuan Gegana Polda Maluku yang dihubungi langsung mendatangi Terminal A1 Mardika untuk mengamankan tas tersebut. Namun setelah tas tersebut dibuka ternyata isinya adalah perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi dan odol. Dalam tas tersebut juga ditemukan air mineral, satu renten kecap, gula pasir, minuman energi kuku bima dan satu buah panci stenlis.

Salah seorang petugas Satpol PP Pemerintah Kota Ambon, Empi Lesbata (43) mengatakan sebelum mengamankan benda diduga bom dari tangan pria tersebut, awalnya dia dan sejumlah rekannya sementara bersiap untuk menggelar penertiban pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan tersebut.

“Kami mendapat informasi dari juru parkir kalau ada seorang pria sementara memegang benda mencurigakan (Bom). Mendengar hal itu kami langsung mengejar pelaku,”kata Empi usai kejadian tersebut.

Empi menjelaskan, setelah melakukan pengejaran dia dan sejumlah rekannya saat itu menemukan pria tersebut di depan kafe Hatukau yang berada di kawasan Batu Merah. Saat itu Empi langsung meminta pria tersebut untuk meletakan pipa besi dan tas yang dibawanya tersebut.

“Saya meminta agar pelaku segera meletakan benda tersebut di atas meja. Saya juga minta agar dia membuka tas miliknya, tapi saat meletakan pipa besi dan tas itu dia langsung melarikan diri,”ujarnya.

Kapolsek Sirimau, AKP Welhemus Minanlarat mengaku sejumlah anggota Satpol PP yang mengamankan benda mencurigakan itu sempat kejar-kejaran dengan pelaku yang diduga mengalami kelainan jiwa.

“Saat ini kami sudah kantongi identitas pria tersebut. Memang pria itu memiliki kelainan kejiwaan,”ujarnya. (SMN)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top