OLAHRAGA

Gol Spektakuler Bule Hehanussa Antar Indonesia Sabet Medali Perunggu di SEA Games

Rezaldi Hehanussa merayakan gol yang dibuatnya ke gawang Myanmar di Stadion MPS Selayang, Malaysia, Selasa (29/8/2017).

SERAMBIMALUKU.com-Pemain belakang Tim nasional (Timnas) U-22 Indonesia,  Rezaldi Hehanussa ikut menyumbang sebuah gol saat pasukan garuda muda bentrok dengan Myanmar untuk memperebutkan tempat ketiga di Stadion MPS Selayang, Malaysia, Selasa (29/8/2017).

Sumbangan satu gol pemain berdarah Maluku ini membuat pasukan Luis Milla menang 3-1 atas Myanmar dan berhak menyabet medali perunggu dari cabang sepak bola di ajang SEA Games 2017.

Selain dari kaki  Bule sapaan akrab Rezaldi Hehanussa, gol kemenangan Indonesia juga dicetak oleh Evan Dimas pada menit ke-57 dan  David Maulana (59′). Gol spektakuler Rezaldi Hehanusa sendiri dilakukannya dari jarak 28 meter pada menit ke-77 setelah sempat berduel dengan pemain nelakang lawan.

Sementara itu gol Myanmar tercipta pada menit ke-22 melalui aksi Than Paing. Than Paing dengan jeli memanfaatkan umpan silang Si Thu Aung dari sisi kiri pertahanan Garuda Muda. Tanpa kawalan ketat, pemain nomor punggung 15 ini melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang  Timnas U-22.

Setelah gol tersebut, Myanmar terus mengendalikan permainan. Sayang, usaha mereka tidak memberikan gol tambahan karena selain aksi gemilang Satria Tama, tercatat ada tiga peluang Myanmar yang digagalkan oleh tiang gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Timnas U-22 menaikkan tempo permainan untuk mengejar ketinggalan. Usaha yang dilancarkan Evan Dimas dkk membuahkan hasil pada menit ke-57 lewat gol Evan Dimas.

Umpan lambung Febri Hariyadi ke kotak penalti Myanmar mengenai kaki lawan. Bola pantulan mengarah ke Evan Dimas yang sempat melewati satu pemain Myanmar sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola berubah arah setelah mengenai kaki bek Myanmar sehingga tercipta gol untuk membuat skor menjadi 1-1.

Timnas U-22 tidak membutuhkan waktu lama untuk berbalik unggul. Mereka hanya membutuhkan waktu dua menit untuk kembali menjebol gawang Myanmar. Kali ini Septian David Maulana yang mencetak gol setelah melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Menit ke-77, Timnas U-22 akhirnya dapat mengamankan kemenangannya  berkat gol yang dicetak Rezaldi Hehanusa dengan tendangan kaki kirinya, gol cantik yang dibuatnya dari luar kotak penalty menghujam pojok kanan atas gawang Myanmar tanpa bisa dibendung penjaga gawang.

Disisa waktu tersisa, Myanmar  mencoba bangkit untuk mengejar ketinggalan, namun alih-alih mencetak gol balasan, Myanmar justru harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-90 setelah Nan Wai Min mendapatkan kartu kuning kedua karena melanggar Ezra Walian. Hingga wasit meniup peluit akhir tanda berakhirnya laga skor tidak berubah 3-1 untuk kemenangan Indonesia. (SMN)

 

Click to comment

BERITA POPULER

To Top