MALUKU

Grebek Lokasi Penyulingan Mercury di Larike, Polisi Sita 9 Karung Batu Cinnabar

Polisi menyita ratusan karung battu cinnabar di gudang milik UD Amin di kawasan Kebun Cengkeh

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aparat Polsek Leihitu Barat menggrebek sebuah lokasi penyulingan mercury di Dusun Wailapia, Desa Larike, Kecamatan Lehitu Barat Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam penggebrekan itu, polisi berhasil menyita sembilan karung batu cinnabar yang merupakan bahan dasar mercury. Polisi juga menemukan satu buah mesin pengolahan battu cinnabar.

Operasi penggebrekan itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Leihitu Barat, Iptu Richard Hahuri bersama sejumlah anak buahnya.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Muhamad Rum Ohoirat mengatakan, penggebrekan terhadap lokasi penyulingan mercury itu dilakukan setelah Kapolsek Leihitu Barat dan anak buahnya hendak bertatap muka dengan masyarakat setempat.

“Jadi Kapolsek bersama dengan beberapa anak buahnya saat itu ingin bertatap muka dengan warga untuk meninjau lokasi pembangunan SMA di desa tersebut,”ungkapnya, Jumat (8/12/2017).

Rum mengatakan, saat pertemuan itu salah satu tokoh masyarakat di dusun itu menginformasikan kalau ada sejumlah warga yang melakukan aktivitas penyulingan mercury. Informasi itu juga disampaikan kepada kepala dusun setempat.

Atas informasi itulah, Kapolsek Leihitu Barat dan beberapa anak buahnya itu langsung bergerak ke lokasi tersebut untuk mengecek informasi tersebut. Benar saja saat didatangi mereka menemukan material batu cinnabar sebanyak Sembilan karung.

“Dari informasi yang didapat pemilik batu cinnabar itu diketahui bernama LP, A dan MA,saat itu mereka langsung kabur,”ujarnya.

Saat ini kata dia barang bukti berupa satu buah alat penyulingan mercury dan Sembilan karung batu cinnabar tersebut telah diamankan polisi. (SMH)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top