POLITIK

Hanya Bermodal 71.485 Dukungan, HEBAT Tetap Daftar ke KPU

Penyerahan formulir B8-KWK calon perseorangan dari Ketua KPU Maluku kepada tim pasangan HEBAT, Senin (8/1/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur independen, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) memastikan diri akan mendaftar ke KPU Maluku, Selasa (9/1/2018) besok.

Keputusan pasangan HEBAT mendaftar ke KPU Maluku setelah tim pasangan HEBAT melayangkan surat pemberitahuan ke KPU Maluku perihal pemberitahuan pendaftaran pasangan tersebut. Surat pemberitahuan tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Tim pasangan HEBAT, Michael G. J Palijama.

Sesuai rencana, pasangan ini akan datang ke kantor KPU Maluku untuk mendaftar pada pukul 14.00 WIT. Sesuai rencana pendaftaran pasangan HEBAT ke KPU juga akan dihadiri oleh masa pendukung pasangan tersebut yang ada di Kota Ambon.

Pasangan HEBAT akan mendaftar dengan bermodal dukungan sah sebanyak 71.485 KTP dan surat keterangan dukungan dari masyaarakat. Jumlah itu tidak memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan untuk calon perseorangan di Pilkada Maluku yakni sebesar 122.894.

Meski begitu masih ada ruang untuk pasangan HEBAT mendaftarkan diri ke KPU, sambil memperbaiki syarat dokumen dukungannya hingga batas waktu yang telah ditetapkan.

Adapun jumlah syarat dukungan yang wajib dimasukan pasangan HEBAT ke KPU agar bisa ikut dalam Pilkada adalah sebanyak 102. 918 dukungan atau dua kali lipat dari kekurangan jumlah syarat dukungan sebanyak 51.409.

Tarulah jika dalam waktu yang ditentukan, pasnagan HEBAT mampu memasukan jumlah dukungan baru sebanyak 102.918 maka dukungan itu akan kembali diverifikasi lagi, jika memenuhi syarat maka diterima dan jika tidak maka secara otomatis dinyatakan gugur.

“Pasnagan HEBAT tetap dipersilahkan mendaftar ke KPU,”kata komisoner KPU Maluku, La Alwi.
Menurut dia dalam ketentuan PKPU, bakal pasangan calon perseorangan yang telah mendapatkan formulir B8-KWK perseorangan apakah memenuhi syarat minimum jumlah dukungan atau tidak berhak mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon.

“Nanti ada masa perbaikan dan saat itu kita akan meneliti perbaikannya,”ujarnya.
(SME)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top