POLITIK

Hasil Survei SDI Pasangan Santun Masih Teratas

Direktur Lembaga Survei Sinergi Data Indonesia (SDI), Barkah Pattimahu saat memaparkan hasil survei lembaganya, Minggu (24/12/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Hasil Survei Sinergi Data Indonesia (SDI) mengunggulkan pasangan petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) di pilgub Maluku 2018.

Dari temuan survey yang dilakukan, pasnagan Santun diprediksi unggul atas dua pesaingnya yakni pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno (Mas Bro) dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT).

Dalam survei itu pasangan Santun memiliki elektabilitas mencapai 49,50 persen, pasangan Hebat 20,50 persen dan pasnagan Mas Bro 10,87 persen, sisanya 19,17 belum menentukan pilihan atau masih rahasia.

Direktur SDI, Barkah Pattimahu memaparkan dari hasil survey tersebut terungkap jika Pilkada digelar hari ini maka pasangan petahana tetap unggul dengan dukungan sebesar 49,50 persen disusul pasangan Hebat 26,50 persen dan pasangan Mas Bro 10,33 persen.

Dia mengaku dalam survei itu juga pihaknya semalukan simulasi head to head antara petahana dan pasangan Hebat serta Petahana dengan pasangan Mas Bro, hasilnya petahana tetap unggul.

“Kita juga bikin simulasi head to head antara petahana dan pasnagan Hebat hasilnya 54,17 persen untuk petahana dan 27,17 persen untuk pasangan Hebat. Kalau sama pasangan Mas Bro petahana unggul 59,33 persen dan pasangan Mas Bro 15,83 persen,”ujarnya.

Barkah mengaku lembaga survei yang dipimpinnya itu bekerja sebagai konsultan politik untuk calon petahana.
“Kita harus jujur bahwa SDI ini merupakan konsultan politik yang dipakai petahana, tapi kita tetap professional,”ujarnya.

Survei tersebut menggunakan metode multistage random sumpling dengan responden sebanyak 600 orang yang tersebar secara acak di 11 kabupaten kota di Maluku. Adapun survei dilakukan dari sejak 12 hingga 20 Desember 2017 itu memiliki margin of eror sebesar margin of error 4,08 persen. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top