POLITIK

HEBAT Kembali Lolos dari Lubang Jarum

Pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menerima berkas dukungan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan Herman Koedoeboen – Abdullah Vanath (HEBAT).

Syarat dukungan KTP dari pasangan HEBAT yang berjumlah sebanyak 165.510 keping sebelumnya sempat ditolak oleh KPU dengan alas an tidak memenuhi peryaratan. Pasanagan ini kemudian mengajukan gugatan ke Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku dan dinyatakan memang . KPU kemudian diminta untuk menghitung ulang berkas syarat dukungan pasangan HEBAT tersebut.

Syarat dukungan pasangan HEBAT diterima, setelah KPU Maluku melakukan penghitungan ulang dukungan minimal dan sebarannya dalam dokumen B1 KWK perseorangan. Keputusan tersebut diambil dalam rapat pleno yang dihadiri seluruh komisioner KPU Maluku, pada Minggu (24/12/2017).

Setelah dinyatakan berkasnya diterima, maka tahap selanjutnya yang harus dilalui pasangan HEBAT agar bisa lolos ikut pilgub Maluku yakni mengikuti tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Dari hasil hitung ulang yang dilakukan, jumlah syarat dukungan KTP yang didapat dari masyarakat untuk maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak 145.771 KTP. Jumlah itu telah melebihi syarat yang ditentukan yaknisebanyak 122.894 KTP.

Keputusan KPU menerima berkas pasanga HEBAT ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU Maluku nomor 527/Kpt/81/Prov/XII/2017 tentang Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang memenuhi syarat minimal dukungan dan sebaran untuk dilakukan verifikasi administratif pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku tahun 2018.

Surat keputusan ini sekaligus menggugurkan SK KPU nomor 388/HK.03.1/Kpt/81/Prov/11/2017, tertanggal 28 Novemver 2017, tentang penetapan calon perseorangan yang tidak memenuhi syarat mininmal dukungan dan sebaran untuk dilakukan verifikasi administrasi.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, setelah berkas pasangan HEBAT diterima, tahapan verifikasi administratif akan segera dimulai pada Selasa (26/12/2017).

Penutupan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU sesuai tahapan akan ditutup pada tanggal 10 januari 2018. Sehingga KPU hanya punya waktu yang sangat terbatas, meski begitu Kubangun memastikan verifikasi adminsitrasi dan vaktual berkas pasnagan HEBAT akan dilakukan sesuai aturan ynag berlaku.

Dia juga meminta warga yang telah memberikan KTP mereka kepada pasangan HEBAT agar dapat membantu KPU selama proses verifikasi faktual berlangsung.

“Rekapitulasi akan dilakukan dari kecamaan ke kabupaten hingga ke provinsi, jadi kami berharap warga yang telah memebrikan KTP mereka dapat mengikuti proses ini nanti,”katanya.

Dengan diterimanya berkas tersebut maka HEBAT kembali menatap asa untuk maju di Pilgub Maluku, dengan catatan dapat lolos dari verifikasi administrasi dan faktual yang dinilai sangat berat, jika tidak pasangan HEBAT harus rela menjadi penonton. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top