NASIONAL

Ikan Hias Ambon Diimpor Hingga ke Luar Negeri

Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Arik Hari Wibisono

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ikan hias hasil pembudidayaan masyarakat di kota Ambon kini telah menembus pasaran luar negeri. Sejumlah Negara yang menjadi tujuan ekspor ikan hias Ambon adalah kawasan Asia dan juga beberapa Negara di benua eropa.

Meski telah menembus pasar luar negeri, namun ikan hias yang di budidaya di Ambon ternyata tidak diekspor langsung dari ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Arik Hari Wibisono mengaku sejauh ini ikan hias asal Ambon kerap diekspor melalui Bali, Jakarta dan juga Jawa Barat.

“Ikan hias Ambon selalu diekspor tapi melalui Bali, Jakarta dan Jawa Barat,”kata Hari Wibowo saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan benih ikan dan sarana budidaya bagi kelompok budidaya ikan di Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon, Kamis (30/11/2017).

Dia menjelaskan, Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon selama ini sering memberikan benih ikan hias kepada warga untuk dibudidaya, selanjutnya ikan hias yang dibudidaya itu dijual dengan harga ekonomis yang sangat tinggi.

“Mereka ambil benih dari masih ukuran 1 centimeter lalu dibudidaya, setelah itu kami berikan akses pemasarannya ke Bali dan Jakarta,”ujarnya.

Dia menyebut, ikan hias dari Ambon sangatlah terkenal, apalagi system budidaya ikan hias yang dimiliki balai perikanan budidaya Ambon dilengkapi dengan teknologi yang sangat tinggi. Sayangnya kata dia ekspor ikan hias dari Ambon selalu dilakukan melalui daerah lain.

“Kedepan kalau bisa dari sini langsung kirim ke luar negeri, kalau kita kirim ke Bali nanti catatan ekspor itu ikannya itu berasal dari Bali bukan dari Ambon, kirim dari Jakarta juga begitu catatan ekspornya dari Jakarta,”ungkapnya.

Karena itu dia mendorong pemerintah daerah setempat agar dapat memperhatikan hal itu. Dia juga mendorong pemerintah daerah agar dapat membangun kampong khusus ikan hias di Ambon dengan begitu ketika orang bicara soal ikan hias maka pikiran merekaakan tertuju kepada Ambon.

“Kalau bisa di Ambon ini ada khusus desa ikan hias untuk ini mohon dukungan dari dinas perikana provinsi dan kota Ambon, ayo kita sama-sama melahirkan kampong atau desa ikan hias dan sini karena ini belum ada di Indonesia mudah-mudahan diinisiasi dari Ambon,”pintanya (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top