NASIONAL

Ini Alasan Upcara HUT Brimob Polri Dipusatkan di Ambon

Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Murad Ismail saat memeberikan keterangan kepada waratwan, Minggu (12/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brimob Polri ke-72 tahun 2017 akan dipusatkan di Lapangan Upacara Polda Maluku di kawasan Tantui, Kota Ambon. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dipastikan akan bertindak inspektur upacara.

Pelaksanaan HUT Brimob Polri di Kota Ambon terbilang mendadak, sebab sebelumnya markas Brimob Polri telah bersiap untuk menyelenggarakan perayaan tahunan pasukan elit Polri tersebut di markasnya di kawasan Depok.

Lalu apa yang menjadi alasan sehingga upcara HUT Brimob Polri dipusatkan di Kota Ambon?

Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Murad Ismail kepada waratwan di Lapangan upcara Polda Maluku mengaku sebelumnya tidak ada niat untuk menggelar upcara HUT Brimob Polri di Ambon.

Namun semuanya berubah setelah dia bertemu dengan Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin. Saat itu Murad langsung meminta pertimbangan Syafruddin untuk memindahkan lokasi perayaan upacara HUT Brimob ke Kota Ambon.

“Saya berubah pikiran setelah saya menghadap pak Wakapolri. Saya konsultasi sama pak Wakapolri saya bilang komandan bagaimana kalau kita rubah ini,”kata Murad.

Dia mengaku ketika bertamu Wakapolri dan menyampaikan hal itu, Kapolri sedang berada di Amerika. Dia baru menghadap pimpinannya itu setelah tiba dari Amerika, saat itu Kapolri langsung mengiyakan usulan Murad tersebut.

“Saat itu pak Kapolri ada di Amerika. Nanti pulang tanggal 6 November. Saya menghadap Kapolri sekitar tanggal 10 atau 11. Saya lalu menyampaikan bahwa saya mungkin tahun terakhir menjadi Dankor Brimob dan tinggal 2 Bulan lagi, bagaimana kita pindah ke Maluku Upacaranya. Kata Kapolri itu bagus sekali,”ungkapnya.

Dia mengaku setelah disetujui Kapolri, dia langsung mengintruksikan kepada Danpas Pelopor dan Wadankor Brimob Polri untuk mempersiapkan Upcara HUT Brimob di Kota Ambon. Menurut dia persiapan menjadikan Ambon sebagai lokasi upcara hanya 10 hari.

“Kapolri dan senior senior mendukung, saya langsung hubungi Danpas Pelopor sama Wadankor saya suruh rapat kita pindah ke Ambon. Saat itu mereka bilang mereka sudah siap sekali di Jakarta. Tapi saya bilang udah pindah ke Ambon sekali sekali. Pesiapan ini hanya 10 hari,”ungkapnya.

Dia menambahkan, setelah disetujui atasannya, dia langsung meminta jajarannya untuk memindahkan berbagai perlengkapan seperti sound system dan video tron ke Ambon.

“Sebenarnya saya hanya mengetes dengan waktu yang sangat singkat, kita bisa pindain upacara dari Jakarta ke sini,”ujarnya. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top