POLITIK

Kantongi 145.414 Dukungan Sah, HEBAT Lolos Ikut Pilkada

Rapat Pleno terbuka rekapitulasi jumlah dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan di Kantor KPU Provinsi Maluku, Minggu (11/2/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menetapkan Pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku dari jalur perseorangan, Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) memenuhi persyaratan untuk maju di Pilkada Maluku, Juni 2018 mendatang.

Pasangan HEBAT dinyatakan memenuhi persyaratan untuk maju di Pilkada Maluku, setelah hasil verifikasi faktual tahap kedua yang dilakukan KPU Maluku secara berjenjang dinyatakan memenuhi perysratan dalam Rapat Pleno terbuka rekapitulasi jumlah dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan di Kantor KPU Maluku, Minggu (11/2/2018).

“Rekapitulasi tingkat provinsi berjumlah 73.929, oleh karena itu kami menyampaikan salinan berita acaranya berdasarkan jumlah dukungan yang memenuhi syarat pada berita acara DA 8 KWK perseorangan dan DA 8 KWK perbaikan maka dinyatakan memenuhi syarat,”kata Ketua KPU Maluku, Syamsukl Rivan Kubangun saat memimpin rapat tersebut.

Menurut Syamsul jumlah dukungan sah sebanyak 73.929 yang diperoleh HEBAT telah melewati jumlah syarat dukungan perbaikan yakni sebesar 51.410 sehingga total jumlah dukungan sah pasangan ini telah melewati angka minal syarat pencalonan.

Sebelumnya pada verifikasi faktual tahap pertama pasangan HEBAT telah mengantongi jumlah dukungan sah sebanyak 71.485 dukungan.  Sehingga dengan tambahan dukungan sahperbaikan sebanyak 73.929 dukungan maka secara otomatis, pasangan HEBAT telah melampaui angka dukungan minimal syarat pencalonan.

“Jumlah dukungan sah dinyatakan telah memenuhi syarat jumlah dukungan dan sebaran yakni sebanyak 145.414 dukungan yang tersebar di 11 kabupaten kota,”katanya.

KPU Maluku sendiri baru akan menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku pada Senin (12/2/2018). Meski begitu sudah dapat dipastikan Pasangan HEBAT akan ikut dalam Pilkada Maluku pada bulan Juni 2018 mendatang.

“Ucapan syukur dan doa kami haturkan kepada seluruh masyarakat Maluku atas doa dan dukungan dan doa dalam perjuangan yang tiada henti kepada apsangan HEBAT,”kata Juru BIcara Pasangan HEBAT, Nahwan Matdoan usai rapat Pleno tersebut. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top