KRIMINAL

Korupsi Dana BOS, Mantan Kepsek MTs Geser Dituntut 6 Tahun Bui

ilustrasi

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- Mantan Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiah Negeri Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Djen Rumatomia dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Douglas Aritonang dalam siding dengan agenda pembacaan tuntutan di pengadilan Tipikor Negeri Ambon, Selasa (5/12/2017).

Dalam tuntutannya JPU menilai Djen terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi Anggaran Dana BOS tahun 2015-2016 di MTs Geser yang merugikan Negara sebsar Rp 300 juta.

Selain meminta hakim memenjarakan terdakwa selama enam tahun, JPU juga menuntut terdakwa Djen untuk membayar denda sebesar Rp. 50 Juta dengan ketentuan apabila tidak dibayarkan maka diganti dengan hukuman penjara selama tiga bulan.

“Meminta Majelis Hakim menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan ancaman hukuman enam tahun penjara,”kata Douglas saat membacakan tuntutannya.

Dalam pembacaan tuntutan itu, terdakwa Djen Rumatomia dinilai terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 ayat (1) UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor sebagaiman diubah dalam pasal 20 uu nomor 31 tahun 1999 tentang tipikor jo pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Selain itu terdakwa juga dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp. 331.932.000 dengan catatan jika tidak dikembalikan maka harta benda milik terdakwa akan disita untuk dilelang,“Jika tidak ada harta benda yang disita maka diganti dengan hukuman penjara selama satu tahun,”sebut JPU.

Setelah mendengarkan tuntutan jaksa, Ketua Majelis Hakim, R.A. Didi Ismiatun kemudian menunda sidang hingga 14 Desember mendatang dengan agenda pembacaan pembelaan oleh Kuasa Hukum terdakwa. (SMX)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top