MALUKU

Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional, Kader dan Alumni HMI di Ambon Gelar Doa Bersama

Kader dan alumni HMI di Ambon menggelar syukuran dan doa bersama atas penetapan Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional, Jumat (10/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Penetapan pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional disambut penuh suka cita oleh ribuan kader dan alumni HMI di berbagai daerah di Indonesia.

Setelah resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, para kader dan alumni HMI di berbagai daerah langsung menggelar syukuran dan doa bersama. Hal itu juga dilakukan para kader dan alumni HMI di Kota Ambon.

Syukuran dan doa bersama para kader dan alumni HMI yang tergabung dalam Korps Alumni HMI (KAHMI) Maluku dan Kota Ambon berlangsung di kediaman salah satu alumni HMI di kawasan BTN Kanawa, Kecamatan Sirimau Ambon, Jumat malam (10/11/2017).

Acara syukuran yang berlangsung sederhana ini turut dihadiri sejumlah alumni HMI dari berbagai latar belakang sosial. Meski berlangsung sederhana namun acara tersebut sangat kental dengan nuansa kekeluargaan.

Presidium KAHMI Maluku, Nasit Marasabessy menyampaikan acara syukuran dan doa bersama itu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas ditetapkannya Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional.

“Kita beryukur karena perjuangan seluruh kader dan alumni HMI dapat terwujud dengan ditetapkannya Ayahanda Lafran Pane sebagai Pahlawan nasional,”kata Marasabessy saat menyampaikan sambutannya.

Dia berharap penetapan Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional dapat menjadi spirit bagi seluruh kader HMI dimana pun berada khususnya di Maluku untuk dapat meneladai apa yang telah diperjuangkan oleh pendiri HMI tersebut untuk bangsa dan agama.

“Harapannya semoga penetapan Ayahanda Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional dapat menjadi spirit bagi kita semua untuk tetap menjunjung tinggi nilai kebenaran demi memperjuangkan kepentingan umat, bangsa dan Negara,”ungkapnya.

Syukuran dan doa bersama ini sendiri dihadiri oleh, pengurus KAHMI Maluku, KAHMI Kota Ambon, Pengurus BADKO HMI Maluku-Maluku Utara dan pengusu HMI Cabang Ambon.

Senada dengan Marasabessy, Ketua KAHMI Kota Ambon, Rovik Akbar Afifudin mengaku penetapan Ayahanda Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar HMI, sehingga tidak berlebihan jika seluruh kader dan alumni HMI di berbagai daerah ikut menyambutnya dengan menggelar syukuran dan doa bersama.

“Penetapan Ayahanda Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional adalah sebuah kebanggan sekaligus kehormatan bagi seluruh kader HMI dimana pun berada,”ujarnya.

Dia mengatakan penetapan Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional merupakan sebuah bentuk pengakuan Negara atas jasa dan pengorbanan pendiri HMI tersebut untuk mempertahankan tegak utuhnya NKRI di saat kondisi bangsa sedang terkoyak.

“Ini juga menjadi spirit secara internal bagi HMI Cabang Ambon untuk dapat menyukseskan Kongres HMI ke 30 di Kota Ambon tahun 2018,”ujarnya.

Pendiri HMI Lafran Pane ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo bersama tiga tokoh lainnya yakni Laksamana Malahayati dari Aceh, Zainuddin Abdul Madjid dari NTB, dan Mahmud Riayat Syah dari Kepulauan Riau.

Penetapan empat Pahlawan Nasional itu berlangsung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2017). Dalam penganugerahan itu, perwakilan ahli waris dari keempat tokoh heroik itu ikut menerima plakat Pahlawan Nasional dari Jokowi.

Penetapan keempat tokoh ini berdasarkan Kepres No 115/TK/Tahun 2017. Surat keputusan itu ditandatangani Jokowi pada 6 November 2017.
(SMH)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top