NASIONAL

Menjelang Tahun Politik Ini Pesan Panglima TNI untuk Prajuritnya di Maluku

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat memberikan pengarahan bagi para prajurit TNI Polri di kompleks perumahan Pangdan XVI Pattimura, Senin (20/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengingatkan seluruh prajurit TNI maupun Polri agar dapat menjaga netralitas sebagai aparat Negara menjelang Pilkada serentak 2018 mendatang.

“Saya mengingatkan juga tahun depan adalah tahun politik maka Presiden mengingatkan bahwaTNI Polri harus saling mengontrol,”kata Gatot kepada waratwan seusai memberikan pengarahan kepada prajuritnya di kompleks perumahan DInas Pangdam XVI Pattimura di kawasan Tapal Kuda Ambon, Senin (20/11/2017).

Menurut Gatot, soliditas TNI/Polri merupakan dua tonggak yang kuat dalam menjaga keutuhan NKRI guna mewujudkan stabilitas keamanan dan stabilitas politik,”Dengan stabilitas keamanan dan politik maka pembangunan akan berjalan, infestasi akan berjalan ekonomi akan meningkat,”ujarnya.

Dia mengungkapkan menghadapi pesta demokrasi tahun 2018 mendatang aparat TNI Polri harus dapat berlaku netral dan bisa memposisikan diri sebagai penengah,”Jadi perlu dalam pesta demokrasi ini ada yang jadi penengah yaitu TNI Polri, maka menjadi penengah bisa diterima kalau yang menengahi netral itu kuncinya untuk menjaga keamanan,”ungkapnya.

Gatot mengingatkan tahun depan merupakan tahun politik sehingga aparat TNI Polri harus saling mengontrol dan taat kepada hukum serta mengutamakan kepentingan rakyat diatas segala-galanya.

Menurut Gatot saat pertemuan di akademisi kepolisian beberapa waktu lalu dia sempat menyampaikan kepada seluruh pimpinan Polri agar dapat mengontrol prajuritnya dan jika ada yang tidak netral agar dapat dilaporkan ke atasannya.

“Di hadapan semua Kapolres, Kapolda dan pejabat utama kepolisian saya meminta tolong kepada para kapolres dan jajarannya agar ikut mengontrol prajurit saya yang bertugas, ingatkan dan laporkan kepada atasannya sampai kepada saya, demikian pula Kapolri juga meminta tolong kepada saya kalau ada polisi yang tidak netral TNI juga mengingatkan jadi kita saling mengingatkan,”paparnya. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top