KRIMINAL

Nelayan Pulau Buru Ditangkap Karena Selundupkan Ratusan Ekor Burung Nuri

ilustrasi

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aparat Polairud Polda Maluku mengamankan seorang nelayan asal Pulau Buru, Maluku bernama Usman Mukadar karena menyelundupkan ratusan ekor burung nuri tanpa dokumen resmi.

Warga Dusun Mena, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru ini diamankan bersama 102 ekor satwa yang dilindungi itu di dalam kapal Motor Intim Teratai yang sedang berlabuh di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon pada Senin (13/11/2017) lalu.

Setelah ditangkap, Usman langsung diperiksa oleh penyidik Polairud dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini ratusan ekor burung dengan nama latin East Borneo itu telah diamankan petugas berwenang.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Richard Tatuh kepada waratwan di kantornya mengatakan ratusan burung tersebut diselundupkan pelaku dari Pulau Buru secara illegal untuk diperdagangkan ke luar Maluku.

“Dia sudah ditetapkan sebagai tersangka. Perbuatannya itu telah melanggar pasal 21 ayat (2) huruf (a) jo Pasal 40 ayat (2) undang-undang RI no.05 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya alam Hayati dan Ekosistem,”terang Richard.

Richard menjelaskan Usman ditangkap oleh dua anggota Polairud Brigpol. Muhammad Nurdin dan Bharatus Fandi Siompu yang saat itu sedang melakukan tugas patrol di pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

“Kedua petugas yang sedang berpatroli mendengar kicauan suara burung-burung tersebut, saat diperiksa ternyata ada ratusan burung Nuri yang sedang dikurung disitu,”ujarnya.

Nuri Maluku merupakan burung jenis paruh bengkok. Burung ini memiliki bulu yang berwarna merah cerah. Selain itu bulu pada kedua sayapnya dihiasi warna biru, merah dan hitam. Sedangkan ekornya juga berwarna merah namun agak lebih gelap. Paruh burung nuri maluku berwarna oranye dan kakinya berwarna abu-abu.

Nuri Maluku merupakan burung endemik di Kepulauan Maluku dan pulau-pulau sekitarnya. Di alam liar burung Nuri Maluku memakan nektar, serbuk sari bunga, buah-buahan, dan sesekali mereka memakan serangga.Satwa ini memiliki empat sub-spesies dari nuri maluku atau red lory yakni, Eos bornea bornea, Eos bornea bernsteini, Eos bornea cyanonothus, Eos bornea rothschildi. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top