OLAHRAGA

Pebalap Astralia Juara Lomba Tour de Moluccas 2017

pebalap asal Australia, Marcus Culey (tengah) saat berada di podium juara lomba tour de Moluccas di Ambon, Jumat (22/9/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pebalap asal Australia, Marcus Culey dinobatkan sebagai juara pada lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas tahun 2017.

Pebalap dari tim Kinan ini keluar sebagai juara setelah sejumlah pebalap lainnyatidak mampu melewati catatan masuk finish tercepat yang dibuatnya pada etape pertama dari Piru menuju Masohi.

Marcus menyandang gelar juara dengan catatan waktu tercepat 15 jam 18 menit 31 detik dari total lima etape yang dilaluinya. Di posisi kedua diraih Jai Crawford yang juga rekan setimnya dengan catatan waktu 15 jam 18 menit 36 detik atau hanya terpaut 5 detik.

Sementara juara ketiga diraih oleh pebalap asal Philipina Jesse Ewart dengan catatan waktu 15 jam, 18 menit 40 detik. Dengan hasil itu, Marcus tetap mempertahankan posisinya sebagai pebalap tercepat dan berhak memperoleh yellow jersey.

Pengumuman pemenang lomba berlangsung dalam sebuah upacara di kawasan Gong Perdamaian Dunia usai perlombaan di gelar.  Para pemenang kemudian diberikan medali dan hadiah uang tunai masing-masing untuk juara 1 Rp 50 juta, juara kedua Rp 25 juta dan juara ketiga Rp 15 juta. Adapun total hadia yang diberikan kepada para pemenang lomba selama perlombaan berlangsung mencapai Rp 1 miliar.

Pengumuman pemenang lomba tour de Moluccas itu sekaligus menutup ajang balap sepeda internasional yang telah dimulai sejak tanggal 18 September lalu. Acara penutupan dilakukan Gubernur Maluku, Said Assagaff dan dihadiri Kapolda Maluku, Irjen Deden Djuhara, Wali Kota Ambon, Bupati SBT, Mukti Keliobas serta para pejabat lainnya.

Sementara pebalap Jepang, Hiroshi Tsibaki yang menjadi juara die tape ke lima mengaku sangat senang atas kemenangan yang diraihnya di etape terakhir. Meski gagal menjadi juara dalam lomba tersebut, namun kemenangan beruntun yang diraihnya pada etape keempat dan kelima membuatnya menjadi pebalap sprinter terbaik dalam ajang tersebut.

“Ini kemenangan tim, saya bersyukur karena saya berada dalam tim yang solid,”ujarnya. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top