OLAHRAGA

Pebalap Indonesia Dampingi Pemenang Etape 4 Lomba TdM di Podium Juara

Pebalap asal Jepang Hiroshi Tsubaki, bersama pebalap Indonesia Jamaldin Novardianto dan pebalap Malayssia Mohamad Izzat Hilmi berada di podium juara di Dermaga Waipirit, Kecamatan Kairatu, Kamis (21/9/2017)

WAIPIRIT,SERAMBIMALUKU.com- Pebalap asal Jepang Hiroshi Tsubaki, dari tim Kinan berhasil menjuarai etape keempat lomba balap sepeda internasional Tour de Molvccas  setelah masuk finish pertama di Dermaga Waipirit, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (21/9/2017) sekira pukul 14.21 WIT.

Pebalap bernomor punggung 24 ini masuk finish dengan catatan waktu 3 jam, 21 menit, 09 detik. Dengan kemenangan itu dia berhak mengenakan red jersey saat tampil di podium. Sementara pebalap Indonesia Jamalidin Novardianto dari tim PGN Road Cycling yang finish di urutan kedua dengan catatan waktu 3 jam 21 menit 12 detik berhak mendampingi Hiroshi diatas podium.

Hiroshi Tsubaki bersama 55 pebalap lainnya memulai balapan pada etape keempat dari depan Kantor Bupati Maluku Tengah pada pukul 11.00 WIT. Puluhan pebalap dari 16 negara itu langsung beradu cepat untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik di ajang tersebut. Adapun pemenang ketiga dalam etape tersebut yakni pebalap asal Malaysia Mohamad Izzat Hilmi.

Rute sepanjang 141,5 kilometer yang dilalui para pebalap ini pun tanpa hambatan berarti, sebab sepanjang lintasan, cuaca sangat mendukung dan hanya terjadi hujan sepanjang 10 kilometer saat memasuki Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Para pebalap juga tidak menemui kendala dengan medan yang berat karena lintasan yang dilalui cukup aman, para pebalap hanya melewati track tanjakan saat melintas di kawasan Pohon Batu, Kecamatan Elpaputih.

Sempat kejar-kejaran dengan para pebalap lainnya, Hiroshi, Jamalidin dan Hilmi bersama sejumlah pebalap langsung mendahului rombongan pebalap lainnya. Mereka saling adu cepat hingga akhirnya Hiroshi memastikan diri finish pertama di Dermaga Waipirit. Kemenangan itu membuatnya berhak memakai red jersey saat pengumuman pemenang.

Meski menang, Hiroshi belum mampu menggeser posisi Marcus Culey pebalap asal Australia yang berada di posisi teratas dengan catatan waktu masuk finish terbaik. Culey yang hanya menang sekali pada etape pertama hingga hingga etape keempat masih terus mempertahankan yellow jersey karena memiliki kecepatan waktu terbaik. Adapun pebalap asal Spanyol Ricardo Garcia juga masih mempertahankan statusnya sebagai King of Mountain atau raja tanjakan.

Sedangkan pebalap terbaik Indonesia masih ditempati oleh pebalap asal KFC team atas nama Jamal Hibatullah. Kemenangan  Hiroshi ini pun semakin memantapkanposisi  Kinan Cycling Team asal Jepang sebagai tim terbaik untuk masa kecepatan atau Team General Classification by Time  diajang tersebut.

Ditemui sebelum  upacara pengumuman juara di Dermaga Waipirit, Hiroshi mengaku sangat senang dengan kemenangan  yang diraihnya itu. Hiroshi mengaku rute keempat Masohi-Waipirit  relatif mudah untuk dilalui karena banyak track yang lurus.

“Rute ini relatif mudah bagi saya meskipun ada beberapa kali tanjakan panjang, tapi lebih bisa saya lewati ketimbang tanjakan di Etape 3 ketika mau finish (Bandara Wahai, Kecamatan Seram Bagia Utara, Kabupaten Maluku Tengah),” tutur Hiroshi.

Hiroshi mengaku dirinya sangat senang mengikuti balapan di Maluku karena alamnya yang sangat indah dan orang-orangnya yang ramah,”Ornag disini ramah-ramah, alamnya juga indah, jadi saya senang sekali,”uacapnya. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top