KRIMINAL

Razia Diatas Kapal, Polisi Sita 1.005 Liter Sopi Asal Tenggara

Pparat Polsek Pelabuhan Ambon menyita 1.005 liter sopi di atas Kapal Cantika 99 saat bersandar di pelabuhan Slamet Riyadi Ambon

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (Polsek-KPYS) Ambon, menggagalkan penyelundupan 1.005 liter minuman keras tradisional jenis sopi saat menggelar razia diatas kapal Cantika Lestari 99 yang baru saja bersandar di Pelabuhan Slamet Riyadi, Ambon, Kamis (7/12/2017) petang.

Selain menyita ribuan liter sopi, dalam razia itu polisi juga berhasil menyita sebanyak 4 karton petasan diatas kapal tersebut. Kapal Cantika Lestari 99 ini diketahui bertolak dari Pelabuhan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menuju kota Ambon sejak beberapa hari lalu.

Meski berhasil mengamankan ribuan liter sopi dan empat karton petasan, namun polisi belum mengetahui pasti siapa pemilik minuman memabukan itu. Sebab, barang barang itu hanya dititipkan diatas kapal.

Kapolsek Pelabuhan Ambon, AKP. Roni Manawan mengungkapkan ribuan liter minuman berkadar alkohol tinggi dan empat karton petasan itu ditemukan di palka dan ruang penumpang.

“Miras tersebut oleh pemiliknya ditaruh didalam jeregen berukuran 40 liter sebanyak 8 buah, 35 liter sebanyak 7 buah, dan sisanya ditaruh didalam jeregen berukuran 5 liter dan sejumlah kemasan minuman mineral bekas berukuran besar dan sedang,”ungkapnya usai razia.

Dia mengaku razia yang dilakukan itu merupakan upaya cipta kondisi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Razia di kapal sendiri kata dia rutin dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi adanya peredaran miras di Ambon.

“Setiap kapal masuk, pasti kami melakukan razia. Dan setiap kali razia, pasti kita menemukan sopi. Kali ini yang terbanyak. Jumlah sementara yang dihitung sebanyak 1.005 liter sopi. Sedangkan petasannya ada 4 karton,” ungkap Roni, kemarin, sore.

Dia mengaku sopi merupakan salah satu faktor terjadinya tindakan kriminalitas dan aksi kejahatan. Dari data Kepolisian, penyebab perkelahian maupun terjadinya kecelakaan lalu lintas, dipicu akibat mengkonsumsi sopi.

“Razia ini rutin kita lakukan, baik menjelang Natal atau tidak. Coba bayangkan, dari 5 liter sopi saja kalau dikonsumsi oleh 3 orang mereka mabuk. Dari 1 orang mabuk itu bikin kacau. Kalau 1.005 liter ini dikonsumsi, berapa banyak orang nantinya yang buat onar?,” tanya Roni.

Menurutnya sopi dan petasan yang ditangkap itu selanjutnya akan diamankan di kantor Polsek Pelabuhan selanjutnya akan dimusnahkan,“Kita amankan dulu nanti setelah itu akan kita musnahkan, nanti akan kita beritahukan,”ujarnya (SMH)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top