AMBOINA

Selamat Jalan Ketua MUI Maluku, Sosok Egaliter yang Bersahaja

Almarhum Idrus Toekan

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sempat dirawat di rumah sakit Persahabat di Jakarta akibat penyakit yang dideritanya, Ketua Majalis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Idrus Toekan akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit tersebut, Rabu (15/11/2017) pukul 05.30 WIB.

Sosok yang dikenal ramah dan sangat bersahaja ini oleh pihak keluarga kemudian disemayamkan di rumah duka di kawasan Bojong, Bogo Jawa Barat sebelum akhirnya dikebumikan di TPU Serangseng Sawah, Depok.

Kabar duka berpulangnya tokoh yang dikenal sangat egaliter ini spontan beredar di sosial media dengan begitu cepatnya hingga menjadi viral. Banyak warga net tak lupa menyampaikan ucapan berbelasungkawa atas kepergian almarhum.

“Telah wafat Ketua MUI Maluku, KH IDrus Toekan pagi ini di Jakarta… semoga Allah member beliau jannah … amin mari bacakan surah Al fatiha kepada beliau… Alfatiha…,”tulis Ustaz Arsal Risal Tuasikal yang juga pengurus MUI Maluku melalui akun facebooknya, Rabu pagi.

Kabar duka meninggalnya almarhum juga datang dari Gubernur Maluku Said Assagaff. Melalui akun facebooknya, Said Assagaff ikut mendoakan almarhum agar dapat diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.. Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan keluarga saya menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya salah satu tokoh Muslim Maluku yang juga Ketua MUI Maluku periode 2013 – 2017, Bapak H. Drs. Idrus Toekan. Semoga Almarhum khusnul khotimah.

Semoga semua amalan baik yang telah dilakukannya mulai dari pengalaman, nasehat, dan contoh-contoh hidup,baik termaksut Hidup Orang Basudara, yang telah Almarhum berikan selama ini di bukakan pintu Surga yang sebesar-besarnya oleh ALLAH SWT, AMIIN,” Gubernur Maluku. Ir. Said Assagaff.

“Innalillahi Wainnailahi Rajiun, telah berpulang ke rahmatullah Bapak Drs. H IDrus Toekan, Ketua MUI Provinsi Maluku, semoga Almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT, diampuni semua kesalahannya, dan termasuk hamba yang shaoleh. Amiin YRA,”tulis Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Maluku Fauzan Chatib di akun faceboknya.

Almarhum Idrus Tukan tercatat mengabdikan hidupnya sebagai Ketua Maluku sejak 15 tahun terakhir. Selama memimpin MUI Maluku, almarhum dikenal sebagai seorang pemimpin yang sangat egaliter dalam merespon berbagai persoalan keumatan khususnya saat Maluku baru saja didera konflik kemanusiaan.

Dalam setiap kesempatan, mantan Birokrat ini juga kerap tampil sebagai penyejuk untuk menenangkan suasana ketika ketegangan antarmasyarakat memuncak. Selain itu almarhum juga dikenal sebagai tokoh yang sangat toleran.

Sebelum menjadi Ketua MUI, almarhum tercatat pernah menjabat sebagai Asisten Setda Maluku, Almarhum bahkan pernah menjabat sebagai kepala daerah di masa pemerintahan orde baru yakni sebagai Bupati Administrasi Halmahera Tengah tahun 1977- 1990. Selamat jalan Idrus Toekan semoga tenang di sisi Allah SWT (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top