MALUKU

Sembilan DOB Disetujui DPR RI, Salah Satunya Kabupaten Talabatai

AMBON-Perjuangan panjang proses pemekaran Kabupaten Talabatai akhirnya berbuah manis setelah Komisi II DPR RI menyepakati usulan pemekaran sejumlah daerah otonomi baru (DOB) di Maluku.

Dari 13 DOB yang diusulkan ke pemerintah pusat, tercatat ada Sembilan daerah DOB yang telah dibahas dan ditetapkan komisi II DPR RI dan juga Kementrian Dalam Negeri. Sementara empat daerah lainnya belum ditetapkan.

Selain Talabatai, delapan DOB lainnya yang telah ditetapkan itu yakni Kota Administrasi Bula,, Banda, Kabupaten Wakate-Gorom, Seram Utara, Jazirah Leihitu, Kepulaua Lease, Tanimbar Utara dan Kepulauan Aru Perbatasan.

Anggota Komisi II DPR RI dari daerah pemilihan Maluku, Rohani Vanath mengatakan setelah ditetapkan di DPR, kesembila DOB itu hanya tinggal menunggu persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

“Untuk pembahasan DOB di wilayah Maluku sudah disepekataidi DPR, dari 13 yang diusulkan, sudah disepakati Sembilan,”kata Rohani seperti dilansir Kilasmaluku.com.

“Yang masuk RPP hanya Sembilan, dan itu sudah selesai di DPR, tunggu dari presiden saja,”terangnya.

Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat Maluku agar dapat mendukung anggota DPR, khususnya dari dapil Maluku agar perjuangan memekarkan DOB di Maluku dapat segera terealisasi.

“Kita tetap berusaha untuk golkan empat lainnya. Kita juga minta dukungan masyarakat Maluu, agar aspirasi dari daerah tetap diperjuangkan,”pintanya. (SMT/KM)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top