NASIONAL

Soal Gejolak di Papua, Langkah Tegas Akan Diambil Jika Upaya Persuasif Gagal

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memberikan keterangan kepada waratwan di halaman Kantor Polda Maluku, Senin (13/11/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kapolri Jenderal Titi Karnavian mengungkapkan sejauh ini aparat TNI Polri masih menempuh langkah persuasif untuk menyelesaikan perosalan yang terjadi di Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Papua.

Meski begitu dia mengaku saat ini aparat TNI Polri telah diterjunkan di wilayah tersebut untuk mengambil sejumlah langkah antisipasi jika jika upaya persuasif mengalami jalan buntuh, dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus meresahkan masyarakat.

“Yang kita lakukan adalah langkah-langkah persuasif, negosiasi dengan mengedepankan dialog untuk mencari solusi,”ungkapnya kepada waratwan di halaman Polda Maluku, Senin (13/11/2017).

Sejauh ini kata Tito upaya dialog masih terus dilakukan aparat dengan tokoh-tokoh masyarakat tokoh adat tokoh agama dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya di wilayah tersebut. Langkah itu dilakukan untuk mencari solusi penylesaian amsalah tersebut.

“Kita berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama,”ujarnya.

Tito mengaku terkait gejolak yang terjadi di Mimika, dia telah berkoordinasi dengan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo terkait pengamanan di wilayah itu. Menurut dia jika langkah persuasif tidak menemui hasil, maka pihaknya akan menempuh cara yang lebih tegas.

“Saya sudah berdiskusi dengan Pak Panglima TNI, artinya ketika langkah persasif tidak bisa ketemu, deadlock maka tidak ada jalan lain Negara perlu melakukan tindakan-tindakan dalam rangka menegakan kembali ketertiban keamanan dan penegakan hukum disana,”ungkapnya. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top