POLITIK

Survei SDI Pemilih Maluku Inginkan Gubernur Berpengalaman

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Lembaga Sinergi Data Indonesia (SDI) kembali merilis hasil surveinya, Selasa (9/1/2018). Hasilnya mayoritas masyarakat Maluku menginginkan daerah ini dipimpin oleh gubernur yang berpengalaman.

“Mayoritas pemilih Maluku menginginkan gubernur yang berpengalaman dengan persentase 60,34 persen,”kata Direktur SDI Barkah Pattimahu saat memaparkan temuan surveinya.

SDI sendiri merupakan lembaga konsultan politik untuk calon petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) di Pilgub Maluku.

Menurut Barkah, dari hasil survei yang dilakukan, masyarakat yang menginginkan adanya gubernur baru hanya sebesar 26,83 persen. Sisanya 12,83 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Dari hasil survey itu juga ditemukan bahwa keyakinan masyarakat bahwa gubernur berpengalaman dapat menyelesaikan persoalan di Maluku sangat tinggi yakni mencapai 88,37 persen, sedangkan gubernur baru hanya mencapai 51,93 persen.

“Dari hasil itu mayoritas pemilih yang menginginkan gubernur berpengalaman lebih memilih pasnagan Said-Andre dengan persentase 75, 14 persen. Sedangkan dari mayoritas masyarakat yang memilih gubernur baru hanya 32,30 persen yang memilih Murad-Orno,”bebernya.

Dari survey yang dilakukan jika head to head terjadi antara pasnagan SANTUN dan Mura-Orno maka hasilnya sebanyak 59,33 persen pemilih akan memilih pasangan SANTUN sednagkan 15,83 persen pemilih akan memilih pasnagan Murad-Orno, sementara yang belum menentukan pilihan sebanyak 24,83 persen.

“Kalaupun terjadi head to head antara pasnagan SANTUN dan Murad-Orno, maka mayoritas pemilih HEBAT akan lebih mengarah pada pasnagan SANTUN,”klaim Barkah.

Survei yang dirilis SDI ini menggunakan data survei ypada tanggal 12 hingga 20 Desember 2017. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sumpling dengan responden sebanyak 800 orang yang tersebar secara acak di 11 kabupaten kota di Maluku. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top