MALUKU

Tahun Depan Jalan Menuju Pegunungan di Inamosul Bakal Diperbaiki

Jalan menuju Desa Rambatu mengalami kerusakan parah

PIRU,SERAMBIMALUKU.com-Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) berencana akan menyelesaikan sisa pekerjaan pengaspalan jalan raya yang menghubungkan jalur transfortasi dari Desa Waimital kecamatan Kairatu, menuju Negeri Rambatu Kecamatan Inamosole, pada tahun 2018.

Bupati SBB Muhammad Yasin Payapo dalam acara panas pela masyarakat Mansamanuey dan Apio Patay di Negeri Rambatu, Kamis (26/10/2017) mengatakan pekerjaan pengaspalan jalan ke Rambatu itu sudah dimasukan dalam progres kerja Pemkab SBB tahun 2018. Menurutnya jika keuangan daerah tidak menghendaki untuk diselesaikan satukaligus, maka pekerjaannya akan dilakukan secara bertahap.

“Karena sudah ada dalam progress kerja tahun 2018, olehnya, apapun yang terjadi, kita akan upayakan agar tahun depan itu sudah harus dikerjakan. Mengenai apakah bisa langsung diselesaikan semuanya, itu tergantung kapasitas keuangan daerah. Tapi saya yakin, tahun depan itu, kita bisa jangkau pekerjaan sampai 6 kilometer,” ujar Payapo.

Untuk diketahui, akses transfortasi menuju Negeri Rambatu yang digunakan masyarakat saat ini, selain belum teraspal, juga bukan buatan pemerintah. Melainkan jalan bekas kendaraan milik perusahan kayu Jayanti Grup yang berporasi pada tahun 90-an. Setelah perusahan itu angkat kaki dari tanah Seram, masyarakat pegunungan lalu memanfaatkannya sebagai jalur transfortasi utama hingga sekarang.

Saat ini masyarakat pegunungan sangat kesulitan untuk melewati jalan itu karena kondisi jalannya sangat rusak parah, apalagi saat muslim penghunan tiba akses jalan tersebut langsung terputus total.

Pemkab SBB sendiri telah melakukan pengaspalan jalan tersebut pada 2014 lalu. Namun hanya baru sampai di Kilometer 5 Dusun Kawatu. Masih ada 14 kilometer lagi yang belum di aspal. Sisa jalan yang belum diaspal itu sangat rawan terjadi kecelakaan yang bisa berujung maut.

Sebab, selain bentuk jalurnya menanjak, juga terdapat sejumlah titik longsor dan lubang besar sedalam pangkal paha orang dewasa, disepanjang badan jalan. (SMH)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top