AMBOINA

Tahun Depan Setiap Desa di Ambon Bakal Terima Rp 3,4 Miliar

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tercatat sejak tahun 2016 pemerintah melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terus menaikkan anggaran tersebut.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, kenaikan anggaran ADD juga ikut dirasakan desa-desa yang ada di Kota Ambon. Dia mengaku kenaikan ADD untuk setiap desa tahun depan akan lebih tinggi hingga mencapai 2,4 miliar.

“Anggaran sebesar Rp 3,4 miliar untuk setiap desa itu bersumber dari DD yang dialokasikan dari APBN senilai Rp 1 miliar dan ADD senilai Rp 2,4 miliar,”ungkapnya kepada waratwan di Ambon, Senin (4/12/2017).

Dia menjelaskan kebijakan penambahan 10 persen ADD dari dana transfer merupakan kebijakan pemerintah pusat bukan hanya untuk desa di Kota Ambon namun berlaku bagi seluruh desa di Indonesia.

”Alokasi 10 persen dari dana transfer untuk ADD itu bukan keinginan wali kota namun telah menjadi kebijakan pemerintah,”kata dia.

Dia menerangkan tambahan ADD merupakan rumusan dari pemerintah pusat melalui dana transfer dikurangi dengan Dana Alokasi Umum (DAU) dikurangi dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan 10 persennya masuk untuk desa.

Menurutnya DAK kota Ambon pada APBD 2017 sekitar Rp 700 miliar dan sesuai kebijakan pemerintah pusat maka harus dialokasikan senilai 10 persen untuk dimasukan ke dalam APBDes dan dibagi secara merata bagi 30 desa/negeri di Kota Ambon.

“Kita punya DAU setelah dikurangi dengan dana DAK kurang lebih itu Rp 700 miliar ketentuannya harus 10 persen jadi harus menganggarakan Rp 70 miliar dalam bentuk cash dan itu kita harus alokasikan lagi ke desa kalau kita punya 30 desa minimal masing-masing desa harus dapat Rp 2,4 miliar,”terangnya.

Jadi kalau ditambah dengan DD dari pusat Rp 1 miliar maka setiap desa akan memperoleh hampir Rp 3,4 miliar,”jelas dia. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top