EKONOMI

Terpilih Secara Aklamasi, Marasabessy Pimpin HIPMI Malteng

Pengurus HIPMI Maluku, M Azis Tunny saat melantik pengurus HIPMI Maluku Tengah di Masohi, Sabtu (26/8/2017)

MASOHI,SERAMBIMALUKU.com- Abdurrahman Marasabessy terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum g Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Maluku Tengah (Malteng). Marasabessy terpilih secara aklamasi karena menjadi calon tunggal dalam musyawarah yang berlangsung di aula Hotel Onemay, Masohi, Sabtu (26/8/2017).

Muscab ini juga dirangkaikan dengan Rakercab dan Diklatcab. Kepengurusan BPC HIPMI Malteng yang langsung dibentuk melalui rapat Tim Formatur saat itu, kemudian dilantik pada malam harinya oleh Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif BPD HIPMI Maluku, M. Azis Tunny.

Proses pelantikan dihadiri Bupati Malteng yang diwakili Asisten II Pemkab Malteng Bahrum Kalauw, dan Ketua DPRD Malteng Ibrahim Ruhunussa yang juga didaulat sebagai Ketua Dewan Kehormatan BPC HIPMI Malteng.

Saat dilantik, Marasabessy dalam sambutannya mengatakan, untuk memajukan HIPMI Malteng kedepan, dia membutuhkan kerjasama dari semua pengurus untuk bahu-membahu dengan pengalamannya masing-masing membesarkan HIPMI di Malteng.

“HIPMI ini bukan organisasi kepemudaan biasa, namun merupakan organisasi profesi yang didalamnya terhimpun para pengusaha muda dengan berbagai latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda. Karena itulah HIPMI membutuhkan leader yang dapat mengakomodir semua potensi yang ada,” katanya.

Menurutnya, kedepan HIPMI Malteng harus mampu memaksimalkan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam rangka realisasi program organisasi maupun ikut berkontribusi positif dalam memajukan perekonomian daerah, terutama di level ekonomi menengah kebawah.

“Apabila sinergitas ini berjalan baik maka saya yakin output secara makro akan lebih terlihat dan berdaya guna,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut pengusaha jasa konstruksi ini, di awal kepemimpinannya dia akan banyak melakukan diskusi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, SKPD terkait, perbankan dan seluruh organisasi profesi dalam rangka menyamakan persepsi untuk pengembangan ekonomi Malteng kedepan, baik dalam skala mikro maupun makro.

Sementara itu, M. Azis Tunny dalam sambutannya mengatakan, Muscab yang dirangkaikan dengan Rakercab dan Diklatcab merupakan bagian dari konsolidasi organisasi. Harapannya, kepengurusan yang baru terbentuk ini mampu mengimplementasikan program-program kerja yang sudah diputuskan dalam Rakercab.

Dia juga meminta agar HIPMI Malteng dapat membangun relasi yang kuat dan sinergitas dengan pemerintah daerah maupun stakeholder strategis lainnya. “Sinergitas itu bertumpu pada tiga hal utama yakni komunikasi, koordinasi dan kolaborasi. Ketiga hal ini yang harus dapat dilakukan sehingga sinergitas dapat terbangun,” jelasnya.

Dikatakannya, wirausahawan muda saat ini menjadi ujung tombak pembangunan ekonomi. Berbagai kreativitas, inovasi, dan daya saing harus terus dibangun agar mampu bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“UKM dan wirausahawan muda harus terus berkembang. Segala hambatan atau kendala harus bisa dicari jalan keluar. Untuk itulah sinergitas dengan pemerintah daerah sangat dibutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Bahrum Kalauw yang mewakili Bupati Malteng berharap eksistensi BPC HIPMI Malteng tidak berhenti hanya di seremonial pelantikan. “HIPMI telah ikut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah ini. Semoga kedepan, peran ini juga bisa diwujudkan dalam peningkatan ekonomi daerah Malteng,” harapnya.

Selain melakukan konsolidasi organisasi dengan menggelar Muscab, Rakercab dan Diklatcab BPC HIPMI Malteng di Kota Masohi, kegiatan serupa juga dilakukan pada BPC HIPMI Seram Bagian Barat di Kota Piru. Pada Muscab BPC HIPMI SBB sehari sebelumnya itu, Tahir bin Ahmad terpilih sebagai Ketua Umum. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top