AMBOINA

Tim Gegana Amankan Sebuah Mortir di Pelabuhan Ambon

Sebuah mortir berdaya ledak tinggi ditemukan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (10/10/2017)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Tim penjinak bom dari satuan gegana Polda Maluku mengamankan sebuah mortir berdaya ledak tinggi di areal pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (10/10/2017) sore.

Mortir dengan ukuran panjang sekitar 20 centimeter itu pertama kali ditemukan oleh seorang pengepul besi tua bernama Yusuf Candra saat dia dan sejumlah rekannya sedang memindahkan tumpukan besi tua dari sebuah truk ke dalam konteiner yang ada di pelabuhan tersebut.

“Saat itu mortar tersebut tiba-tiba terjatuh dari tumpukan besi,”kata Yusuf kepada waratwan di Pelabuhan Ambon.

Dia menjelaskan, besi tua yang hendak dibawa ke Pulau Jawa itu dikumpul dari wilayah Pulau Seram dan sekitarnya. Dia sendiri tidak menyangka bahwa besi tua yang dikumpulkan itu terdapat sebuah mortir,”Besi tua ini kami dapatkan dari wilayah Pulau Seram,”katanya.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Ambon, aparat Polsek Pelabuhan Yos Sudarso Ambon yang datang ke lokasi kejadian langsung segera mengsterilkan lokasi penemuan benda berbahaya itu, selanjutnya berkoordinasi dengan tim Gegana Polda Maluku.

Beberapa saat kemudian, tim penjinak bom dari satuan Gegana Polda Maluku langsung mengamankan benda berbahaya itu ke markasnya di kawasan Tantui Ambon.

“Kalau dilihat dari bentuknya itu diduga masih aktif ya, tapi untuk memastikan itu nanti akan diselidiki oleh tim Gegana,”kata Kapolsek Pelabuhan Yosudarso Ambon, AKP Rony Ferdy Manaman kepada waratwan di Pelabuhan Ambon.

Dia mengatakan mortir tersebut diduga merupakan peninggalan perang dunia kedua. Dia juga mengakubahwa mortar yang ditemukan itu memiliki daya ledak yang sangat kuat,”Radius ledakannya itu bisa mencapai 200 meter,”ujar Ferdy. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top