POLITIK

Tok tok tok… Santun, BAILEO dan HEBAT Bertarung di Pilkada Maluku

Rapat Pleno penetapan pasnagan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Senin (12/2/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku resmi menetapkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku sebagai peserta dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (PIlkada) Maluku 2018.

Ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni, pasangan Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN), yang diusung Partai Golkar, Demokrat dan Gerindra, pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno yang diusung, PDI-Perjuangan, Gerindra, Hanura, NasDem, PKB, PKPI, PAN, PPP serta pasangan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath yang lolos melalui jalur perseorangan setelah mendapatkan dukungan sah sebanyak 145.414 dukungan.

“Pilkada gubernur Maluku tahun 2018 diikuti oleh tiga pasangan, yakni pasnagan Said Assagaff-Anderias Rentanubun, pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno dan pasangan  Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath,”kata Ketua KPU Maluku, Komisioner KPU Maluku, Almudatsir Sangadji di Kantor KPU Maluku, Senin (12/2/2018).

Baca Juga:Kantongi 145.414 Dukungan Sah, HEBAT Lolos Ikut Pilkada

Ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku ini ditetapkan  dalam rapat pleno terbuka pengumuman penetapan pasangan calon peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku tahun 2018.

Penetapan ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku ini berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku nomor 182/HK.03.1-KPT/ 81/PROV.II/2018 tentang penetapan pasangan calon sebbagai peserta dalam pildada Maluku tahun 2018.

Setelah ditetapkan sebagai calon peserta Pilkada, sesuai jadwal pada Selasa besok KPU Maluku akan melakukan undian nomor urut kepada ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

HEBAT sendiri dinyatakan lolos ikut Pilkada Maluku  setelah mengantongi syarat dukungan melebihi batas minimal syarat pencalonan yakni sebanyak 122.895 dukungan.

KPU Maluku menetapkan syarat dukungan Pasangan Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath  memenuhi persyaratan untuk maju di Pilkada Maluku dalam rapat peleno terbuka yang berlangsung pada Minggu malam.

Pasangan dengan jargon HEBAT ini dinyatakan lolos verifikasi faktual tahap kedua setelah memenuhi jumlah dukungan sah sebesar 73.929. Pada verifikasi faktual tahap pertama pasangan ini mendapatkan dukungan sah sebesar 71.485 dukungan. (SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top