EKONOMI

UMP Maluku Naik Menjadi Rp 2,3 juta

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi provinsi Maluku, A Manaf Tuasikal

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pemerintah Provinsi Maluku menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2018 menjadi Rp,2,3 juta. Angka itu disahkan setelah usulan dewan pengupahan soal kenaikan besaran UMP disetujui oleh Gubernur Maluku, Said Assagaff.

Kenaikan UMP Maluku ini terbilang sangat tinggi yakni mencapai 15 persen dari UMP tahun 2017 yang hanya mencapai Rp 1,9 juta.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Maluku, A Manaf Tuasikal mengungkapkan UMP tahun 2018 itu sebelumnya telah disepakati oleh dewan pengupahan di Ambon pada tanggal 18 Oktober 2017 lalu.

“Sudah disepakati sejak tanggal 18 Oktober mendatang dan langsung diusulkan ke Gubernur, dan sudah disahkan Kamis kemarin oleh Pak Gubernur,”kata Tuasikal kepada di Ambon, Jumat (3/11/2017).

Dia menjelaskan, pembahasan UMP Maluku tahun 2018 itu selain dihadiri dewan pengupahan juga ikut dihadiri oleh serikat buruh yang ada di Maluku. Menurutnya penetapan UMP Maluku tahun 2018 sebesar Rp 2,3 juta itu dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya soal inflasi dan juga pertumbuhan ekonomi disamping kesejahteraan buruh itu sendiri.

“Jadi kita pakai rumus juga. Rumusnya itu inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi dan juga kesejahteraan buruh. Jadi semuanya sudah sesuai PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan,”terangnya.

Dia mengaku kenaikan UMP Maluku tahun 2018 termasuk yang paling tinggi di Indonesia karena lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya mencapai 8,71 persen,“UMP Maluku mengalami kenaikan diatas 15 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya 8,71 persen, jadi kita termasuk tertinggi,”katanya.

Dia berharap dengan kenaikan UMP tersebut, buruh di Maluku akan lebih sejahtera lagi dan yang terpenting produktifitas perusahan akan lebih meningkat lagi. Terkait dengan UMP yang telah ditetapkan itu, Tuasikal mengaku pihaknya akan segera mengsosialisasikannya kepada para pengusaha yang ada di Maluku.

“Tanggal 7 Oktober besok keputusan soal penetapan UMP 2018 ini akan sosialisasi di kantor gubernur kepada para pengusaha,”akunya (SMH)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top