AMBOINA

Wali Kota Ambon Lantik Rehatta Sebagai Raja Negeri Soya

Proses pelantikan Raja Negeri Soya

AMBON,SERAMBIMALUKU.com –Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy resmi melantik Jhon Lodwyk Rehatta sebagai Raja Negeri Soya, Kecamatan Sirimau Ambon periode 2017-2022. Proses pelantikan berlangsung di balai Negeri Soya, Selasa (21/11).

Pelantikan Rehatta sebagai Raja Negeri Soya berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali kota Ambon Nomor 484 Tahun 2017 tertanggal 21 November 2017. Acara pelantikan Raja Negeri Soya ini turut dihadiri oleh Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru berserta Forkopinda Kota Ambon dan tamu undangan.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat menyampaikan sambutannya mengungkapkan pengambilan sumpah dan pelantikan Raja Negeri Soya merupakan salah satu manivestasi dari pelaksanaan peraturan daerah yang telah dibuat oleh DPRD.

“Ini sebagai manivestasi tata kelola pemerintahan khusus menyangkut pemerintahan desa dan negeri yang ada di Kota Ambon terutama di beberapa negeri-negeri adat maupun yang ada desa,”jelas dia.

Dia menjelaskan sejauh ini pemerintah kota Ambon masih terkendala dengan masih banyaknya negeri di Ambon yang belum juga memiliki peraturan negeri yang mengatur soal mata rumah parentah (Marga keturnan Raja).

“Sampai dengan hari ini kita masih mengalami masalah karena belum adanya peraturan negeri yang mengatur tentang mata rumah prentah (perintah). Tapi kita bersykur hari ini rakyat Negeri Soya secara sepakat telah menetapkan perda negerinya tentang mata rumah prentah dari Negeri Soya,”ungkap dia.

Dia mengungkapkan keberadaan Negeri Soya sangatlah strategis sebab Negeri Soya memiliki latar belakang sejarah yang sangat kental sekali dengan pemerintah kota Ambon dan juga pemerintah Provinsi Maluku, itu karena sebagian besar wilayah pemerintah kota Ambon dulunya merupakan pemerintah negeri Soya.

“Oleh karena itu saya bersyukur kepada seluruh masyarakat Negeri Soya dengan tekat yang sudah bulat mempertahankan raja mereka lewat keputusan bersama saniri negeri dan pemerintah negeri yang ada,”jelas dia.(SMJ)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top