AMBOINA

Wali Kota Sebut Toilet Jadi Masalah Turis Malas Datang ke Ambon

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan salah satu penyebab kunjungan turis ke Kota Ambon sangat minim karena faktor kebersihan. Salah satunya adalah soal toilet di hotel.

“Beberapa turis mengeluh dengan kondisi toilet yang sangat kotor di hotel. Wisatawan dia mau datang dia masuk minum kopi dia tidak balik lagi karena toiletnya hancur habis,”kata Richard kepada waratwan, Rabu (6/12/2017).

Richard menjelaskan, dia pernah mendapat testimoni dari seorang turis yang pernah mengunjungi kota Ambon. Turis tersebut mengaku kecewa dan tidak berniat mengunjungi lagi kota Ambon karena kurangnya kebersihan terhadap toilet di hotel tempatnya menginap.

“Ada seorang turis dari Jerman dia buat testimoni buat saya dia bilang mayor you punya kota luar biasa cuma saya minta maaf saya tidak akan balik lagi karena itu kamar mandi di hotel itu jorok banget,”katanya.

Menurut Richard pengakuan turis tersebut merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh kalangan masyarakat khususnya pengelola hotel di Ambon. Sebab para turis yang mengunjungi Ambon tentu ingin merasakan kenyamanan, dan salah satu indikator kenyamanan bagi para turis adalah masalah kebrsihan.

“Jadi kebersihan toilet ini harus menjadi perhatian betul pengelola hotel. Masalah kebersihan toilet ini menjadi sangat penting,”akunya.

Selain kebersihan toilet, kebersihan lingkungan juga masih menjadi salah satu faktor penghambat kedatangan turis ke kota Ambon. Richard mencontohkan Teluk Ambon sebenarnya sangatlah indah namun karena kotor banyak wisatawan tidak dapat menikmatinya.

“Itu contoh. lah kota mau luar biasa hebat bagus kemana-mana untuk pergi tapi saya minta maaf saya tidak akan balik lagi karena teluk Ambon sangat kotor. Ini tantangan yang kita hadapi,” terangnya.

Dia mengungkapkan, kedepan kondisi tersebut harus dapat diperbaiki sebab dengan melakukan perbaikan maupun meningkatkan kebersihan pada lingkungan yang ada di sekitar maka tantangan yang dihadapi untuk menjadikan Ambon sebagai salah satu kota tujuan wisata akan dapat terlaksana dengan baik.

Richard mengaku Pemerintah Kota Ambon telah menetapkan tahun 2020 sebagai tahun kunjungan wisatawan mancanegara ke kota Ambon. Karena itu semua pihak harus dapat mendukung rencana tersebut. (SMG)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top