by

18 Mahasiswa Fisip Unpatti Dikukuhkan Sebagai Anggota Mafispala

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sebanyak 18 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pattimura Ambon resmi dikukuhkan menjadi anggota muda Mahasiswa Fisip Pencinta Alam (Mafispala) Unpatti Ambon.

Proses pengukuhan 18 mahasiswa Fisip tersebut berlangsung dalam upacara serimoni yang berlangsung di lembah Waitasoe,  kawasan Gunung Salahutu, Kecamatan Salahutu, Minggu (14/10/2018) dinihari.

Sebelum dikukuhkan sebagai anggota muda Mafispala, belasan mahasiswa Fisip ini terlebih dahulu menjalani pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) selama empat hari. Diklatsar yang dilakukan itu merupakan Diklatsar yang ke-21 di Mafispala Unpatti Ambon.

Dalam menjalani pendidikan dan latihan, para mahasiswa Fisip ini dibina secara fisik dan mental oleh panitia dan para senior mereka. Para peserta diklatsar yang umumnya mahasiswa baru ini juga digembleng  dan melakukan perjalanan lintas Gunung Simalopu, Salamoni dan Salahutu.

Ketua Panitia Diklatsar, Juanda Fokatea mengatakan Diklatsar yang diikuti 18 peserta tersebut  merupakan rutinitas tahunan organisasi untuk memproduksi kader yang militant dan berkualitas.

Menurut  dia, sebelum menjalani diklat lapangan, mahasiswa yang mengikuti diklat ruangan sebanyak 25 peserta. Proses pelepasan para peserta diklat lapangan sendiri dilakukan langsung oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, Viktor Ruhunlela.

“Mulanya ada 25 peserta ynag ikut diklat ruangan namun saat diklat lapangan peserta yang ikut hanya 18 orang,”katanya.

Dia menjelaskan, dalam proses diklat lapangan, Mafispala memiliki protap yang telah ditentukan sehingga para peserta tidak hanya digemblengs ecara fisik tapi juga dibentuk mental dan karakternya agar menjadi mahasiswa yang peduli terhadap alam dan lingkungan serta mampu mengimplementasikannya di masyarakat.

“Tujuannya kita membina fisik dan mental agar dapat menjadi pribadi yang peduli terhadap masalah sosial dan juga lingkungan,”ujarnya.

Ketua Umum Mafispala, Thio L Tamheryaan menambahkan setelah diklat lapangan, 18 peserta tersebut akan kembali mengikuti proses penangambilan Nomor Registrasi Anggota (NRA) dan Logo sevagai syarat untuk menjadi anggota penuh Mafispala.

“Jadi prosesnya panjang, hanya mahasiswa yang bermental baja sajalah yang dapat terpilih bergabung dengan keluarga besar Mafispala Unpatti,”katanya.

Dia pun ikut menyampaikan apresiasinya kepada para pengurus dan senior Mafispala yang ikut dalam proses diklatsar tersebut.

“Atas nama Ketua Umum, saya ucapkan ribuan terima kasih kepada panitia, pengurus dan khususunya buat para senior yang telah mendukung penuh hingga suksesnya kegiatan ini,”katanya.

Kegiatan Diklatsar ke-21 ini sendiri dihadiri kurnag lebih 80 orang termasuk para senior mulai drai Angkatan I, II, III, VII dan  berbagai angkatan lainnya. Mereka berbaur dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan selama berlangsungnya proses diklatsar tersebut. (SMH)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI