by

3.800 Pemudik Tinggalkan Pelabuhan Ambon

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sebanyak 3.800 pemudik meninggalkan pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju kampung halamannya dengan dua kapal laut milik PT Pelni, Kamis (30/5/2019).

Ribuan pemudik ini diberangkatkan dengan menggunakan KM Ngapulu tujuan Banda, Dobo, Kepulauan Aru , Kaimana dan Fak-Fak. Tercatat warga yang berangkat dengan KM Ngapulu dari P labuhan Ambon mencapai 3.000 orang.

Pantauan di Pelabuhan Ambon, warga terlihat saling berdesak-desakan saat naik ke atas kapal. Sementara petugas pelabuhan dan polisi tampak berjaga di setiap sudut pelabuhan.

Disaat yang bersamaan, sebanyak 800 pemudik juga ikut diberangkatkan dengan KM Ciremai dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada pukul 09.00 wit menuju Pelabuhan Bau-Bau-Makassar-Surabaya-Jakarta.

KM Ciremai sebelumnya tiba di Pelabuhan Ambon sekitar pukul 06.00 Wit dari Papua dengan menurunkan sebanyak 500 penumpang.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Jasman kepada wartawan mengatakan keluar masuknya ribuan pemudik di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada H-5 jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah merupakan puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Ambon.

“Termasuk puncak mudik angkutan lebaran (hari ini) kan saya laporkan itu puncak mudik 27 Mei hingga 2 Juni dari Ambon ke Sulawesi dan Jawa. Di tanggal inilah salah satu klimaksnya. Jadi untuk hari ini pergerakan penumpang yang keluar dari Ambon hampir 4.000 prang ,”jelasnya.

Dia menjelaskan hingga H-5 jumlah pemudik dari Pelabuhan Ambon yang telah diberangkatkan dengan sejumlah kapal Pelni ke sejumlah pelabuhan tujuan mencapai 15.000 pemudik.

“Sampai H-5 sudah sebanyak 15.000 pemudik yang meninggalkan pelabuhan Ambon,”ujarnya.

Dia menyebut jumlah pemudik yang memilih jalur laut untuk mudik ke kampung halaman terbilang sangat banyak. Menurutnya warga memilih mudik dengan kapal laut karena harga tiket pesawat yang terlampau mahal.

“Ada kenaikan jumlah penumpang disebabkan kenaikan harga tiket pesawat dan bagasi pesawat berbayar sehingga masyarakat yang akan mudik mencari alternatif dengan transportasi laut menggunakan kapal pelni. Karena kami dari Pelni tidak pernah naik (harga tiket), terkecuali ada SK dari Pemerintah untuk kenaikan harga,”tuturnya.

Dia menambahkan pada Jumat besok masih ada lagi kapal yang akan singgahi Pelabuhan Ambon yakni KM Pangrango yang tiba dari Pelabuhan Geser dan akan bertolak ke Pelabuhan Banda.

Sementara sehari setelahnya pada 1 Juni, KM Tidar akan menyinggahi Pelabuhan Yos Sudarso Ambn. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI