MALUKU

473 Personel Polda Maluku Dikerahkan Antisipasi HUT RMS

Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto memantau kesiapan pasukan usai membuka operasi Merah Putih Siwalima di Lapangan Upacara Letkol CH Tahapary di kawasan Tantui, Ambon, Sending (23/4/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Polda Maluku mengerahkan ratusan personelnya untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Maluku Selatan (RMS) yang jatuh setiap tanggal 25 April.

Antisipasi terhadap aktivitas gerakan separatis itu dilakukan Polda Maluku dengan sandi operasi Merah Putih Siwalima Tahun 2018.

Pemantapan operasi Merah Putih Siwalima itu sendiri dilakukan dalam apel pasukan yang dipimpin langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto dan dihadiri seluruh pejabat utama Polda Maluku yang berlangsung di Lapangan upacara Letkol CH Tahapary di kawasan Tantui Ambon, Senin (23/4/2018).

Menurut Kapolda Andap Budhi Revianto, setiap personel yang terlibat dalam operasi itu hendaknya mampu memahami situasi dan sasaran dari operasi yang digelar. Sehingga upaya mengantisipasi berbagai gangguan keamanan di Maluku dapat diatasi.

“Minimal setiap anggota harus dapat mengetahui lokasi yang dianggap rawan, begitu juga dengan sasaran lainnya,”kata Andap saat memberikan sambutannya.

Operasi Merah Putih Siwalima akan berlangsung selama dua hari mulai dari Tanggal 25-27 April 2018. Ada sebanyak 473 personel yang akan dikerahkan untuk mengantisipasi perayaan HUT RMS pada 25 April 2018.

Dia pun mengingatkan kepada personel yang terlibat dalam operasi itu agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan jangan membuat pelanggaran di masyarakat.

“Karena kita adalah teladan bagi masyarakat jadi jangan ada yang membuat pelanggaran yang menyimpang, antisipasi segala kemungkinan di lapangan saat operasi, termasuk jika ada anggota yang sakit atau mengalami kecelakaan agar dapat diperhatikan,”ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohirat mengatakan pelaksanaan oeprasi Merah Putih Siwalima yang dilaksanaka bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman jelang HUT RMS di Maluku.

“Tujuan operasi ini adalah mendukung terciptanya situasi yang aman dan mengantisipasi jangan smapai Tanggal 25 April dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang ingin untuk membuat situasi yang tidak aman dan nyaman di Maluku,”ungkapnya.

Dia mengungkapkan, ratusan personel yang diterjunkan itu nantinya akan ditugaskan untuk memantau aktifitas RMS menjelang hari ulang tahunnya. Dia menegaskan jika ditemukan ada yang melakukan aktifitas yang bertentangan dengan aturan hukum, maka polisi tidak akan segan-segan menindak secara tegas.

“Kita antisipasi jangan sampai RMS memanfaatkan situasi untuk melakukan aksinya, dan sampai kita temukan sudah pasti kita akan ambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku,”tegasnya.
(SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top