POLITIK

Ada yang Masih Mengkalim Menang, Tim BEILEO: Itu Hak Mereka

Tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Murad Ismail-Barnabas Orno saat menyampaikan keterangan kepada waratwan, Sabtu (30/6/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sejumlah lembaga survei nasional yang melakukan quick count di Pilkada Maluku telah memenangkan pasangan Nomor urut 2 Murad Ismail-Barnabas Orno atas dua pesaingnya yakni calon petahana Said Assagaf-Anderias Rentanubun (Santun) dan pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath atau Hebat.

Dalam hiting cepat sejumlah lembaga survei itu, pasangan Baileo unggul lebih dari 40 persen suara, pasangan Santun di kisaran 29 persen dan pasangan Hebat di angka 27 persen.

Tidak hanya itu, berdasarkan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku hingga kini pasangan Baileo masih memimpin perolehan suara dengan raihan sebanyak 220.122 suara (38.99 persen), menggungguli pasangan Santun yang meraih 173.081 suara (30,66 persen) dan pasangan Hebat 171.309 (30.34 persen).

Meski hamper pasti Baileo akan memenangkan Pilkada Maluku, namun begitu ada sejumlah pihak yang masih ragu dengan hasil hitung cepat tersebut. Beberapa tim sukses pasangan lain bahkan mengklaim calonnya yang menang di Pilkada Maluku.

Menanggapi hal itu, Ketua Divisi Hukum Tim Baileo, Samson Atapary mengatakan sikap lawan politik terkait hasil hitung cepat yang memenangkan pasnagan Baileo adalah hal yang biasa.

“Hak klaim itu adalah hak masing-masing tapi hitung cepat yang dilakukan lembaga survei hanya memiliki margin of eror hanya 1 persen dan dari basis suara yang telah masuk di tim itu pasangan Hebat sudah menang,”ungkapnya kepada waratwan, Sabtu (30/6/2018).

Dia menjelaskan, raihan suara pasangan Baileo sangat jauh dari dua calon lainnya sehingga dapat dipastikan Baileo yang akan ditetapkan sebagai pemenang Pilkada. Selain itu berdasarkan rekapitulasi KPU hingga 70 persen data masuk Baileo masih unggul jauh.

“Kita juga melakukan rekap dengan mengumpulkan C1 KWK dan haslinya juga tidak berbeda jauh,”ujarnya.

Sementara Ketua Divisi Data, Nover Hukunala mengatakan, dari hasil rekapitulasi yang dilakukan tim dengan menggunakan C1 KWK, pasangan Baileo masih unggul dengan raihan suara 278.118 (46 persen), pasangan Santun 170.123 suara (28 persen) dan pasangan Hebat 153.841 suara (26 persen). (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top