MALUKU

Aktivis Anti Korupsi Ragu Harta Kekayaan AV Hanya Rp 392 Juta

Calon wakil gubernur Maluku, Abdullah Vanath mengangkat jempol kiri sambil berjabat tangan dengan calon gubernur Maluku, Herman Koedoeboen/Serambi Maluku.com

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Sejumlah pihak meragukan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) calon wakil gubernur Maluku, Abdullah Vanath yang secara resmi telah diumumkan di Kantor gubernur Maluku dua hari lalu.

Sebelumnya LHKPN mantan bupati Seram Bagian Timur (SBT) dua periode ini juga telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi KPK sejak Januari 2018 lalu bersama sejumlah calon gubernur dan wakil gubernur Maluku lainnya.

Dalam LHKPN itu tercantum, Abdullah Vanath atau yang akrab disapa AV hanya memiliki jumlah kekayaan sebesar  Rp 392. 682.000. Jumlah kekayaan AV itu spontan menjadi pembicaraan publik, lantaran dinilai tidak masuk akal.

Salah satu pegiat korupsi di Maluku, Fahri Asyatry membeberkan laporan kekayaan AV sangat diragukan karena sejumlah asset dan kekayaan miliknya seperti Mobil Rubicon seharga 1,5 miliar yg disebut-sebut AV diduga tidak ikut dilaporkan.

“AV sebagai Cawagub termiskin disoroti sementara kalangan yang meragukan harta kekayaaanya yang hanya berjumlah 392 juta. Mobil Rubicon 1,5 M yang disebut-sebut miliknya diduga tak dilaporkan. Benarkah?,”tulis Fahri di grup facebook Informasi Maluku, Sabtu (28/4/2018).

BACA JUGA:Umumkan Harta Kekayaan, Assagaff Paling Mentereng, Abdullah Vanath Termiskin

BACA JUGA:KPK Ajak Warga Maluku Pilih Gubernur yang Bersih dan Tidak Suka Berbohong

Fari yang juga Ketua LSM Pukat Seram ini menjelaksan, terkait LHKPN AV itu banyak pihak yang sempat menanyakan hal itu kepadanya.

Dia pun membeberkan sejak tahun 2013, AV diketahui memiliki tujuh kendaraan yakni dua sepeda motor, empat buah mobil termasuk mobil mewah sekelas Alphard senilai Rp 840 juta dan juga satu buah kapal laut bernama Selat Igar senilai Rp 1,5 miliar

“Sedangkan total aset tanah dan bangunan miliknya diatas 6 miliar, surat-surat berharga senilai Rp 1,5 miliar plus lahan perkebunan, perhiasan, tabungan dan lain-lain, sehingga  total harta kekayaan AV ketika itu adalah Rp 10. 548. 856. 219 atau dibulatkan saja jadi Rp 10,5 milyar,” bebernya.

Menurut Fahri sebagian besar hartanya itu diperoleh ketika menjabat sebagai Bupati SBT.

“Kalo dari Rp 10,5 miliar turun jadi Rp 392 juta, saya tidak tahu penyebabnya. Wallau ‘alam! Hanya AV yang tahu, Kalo laporannya transparan, itu bagus, tapi kalo tidak, AV tentu akan berhadapan dengan KPK,”ungkapnya dalam postingan itu.

Berikut status asli Fahri yang diposting di grup facebook Informasi Maluku:

AV sebagai Cawagub termiskin disoroti sementara kalangan yg meragukan harta kekayaaanya yg hanya berjumlah 392 juta. Mobil Rubicon 1,5 M yg disebut-sebut miliknya diduga tak dilaporkan. Benarkah?

Banyak yg inbox tanya pendapat saya sejak 2 hari lalu. Soal itu tentu saja saya harus merujuk pada data otentik.

Jadi gini,

2013, mantan Bupati 2 periode itu memiliki 7 kendaraan yakni : 2 sepeda motor, 4 mobil termasuk yg paling mahal Alphard senilai 840 juta & 1 buah kapal laut merk Selat Igar senilai 1,5 M. Sedangkan total aset tanah dan bangunan miliknya diatas 6 M, surat2 berharga 1,5M plus lahan perkebunan, perhiasan, tabungan dll total harta kekayaannya ketika itu adalah Rp. 10. 548. 856. 219 atau dibulatkan saja jadi 10,5 Milyar. Sebagian besar hartanya itu diperoleh ketika menjabat sebagai Bupati SBT.

Kalo dari 10,5 M turun jadi 392 juta, saya tidak tahu penyebabnya.

Wallau ‘alam! Hanya AV yg tahu!

Kalo laporannya transparan, itu bagus!

Tapi kalo tidak, AV tentu akan berhadapan dengan KPK!

— FA —

(SMB)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top