MALUKU

Amankan Idul Fitri, Polda Maluku Kerahkan 7.916 Personel

Kapolda Maluku menyalami para personel Polda Maluku usai memimpin upacara gelar pasukan pengamanan lebaran tahun 2018 di lapangan Letkol CH Tahapary Tantui Ambon, Rabu (6/6/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan kekuatan maksimum untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di Maluku.

Tercatat sebanyak 7.916 personel akan dikerahkan untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri di Maluku agar berlangsung aman dan tertib. Operasi pengamanan dengan sandi Operasi Ketupat Siwalima 2018 juga akan melibatkan unsure TNI Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Satpol PP, serta mitra Polri lainnya.

Menurut Kapolda Maluku, dari seluruh kekuatan itu, sebanyak dua pertiga dari kekuatan akan diterjunkan langsung ke lapangan dan sisanya akan stand by.

“Dua pertiga kekuatan akan diterjunkan langsung untuk melakukan operasi pengamanan di lapangan, dan sisanya akan stand by di markas komando,”ujar Kapolda saat memimpin gelar pasukan operasi Ketupat Siwalima di lapangan Letkol CH Tahapary, Tantui Ambon, Rabu (6/6/2018).

Upacara gelar pasukan dalam rangka operasi Ketupat Siwalima 2018 ini dihadiri ribuan personel aparat gabungan TNI Polri dan unsure lainnya.

Adapun kekuatan gabungan Polri TNI dan berbagai instansi lainnya itu akan disiagakan diberbagai lokasi dan pusat keramaian termasuk masjid. Pengamanan juga akan dilakukan saat malam takbiran.

Adapun sasaran operasi dalam operasi Ketupat meliputi pengawsan penggunaan senjata api, amunisi, bahan peledak, senjata tajam, mercon atau petasan dan kembang api, miras, narkoba, makanan dan minuman yang kadaluarasa, jalan rayam rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, serta alat transportasi darat laut dan udara.

Selain rumah ibadah dan pusat keramaian, sarana umum lainnya yang akan diamankan petugas selama operasi Ketupat yakni pelabuhan laut dan feri, bandar udara, terminal, jalur rawan kemacetan dan rawan kecelakaan, jalur rawan banjir dan longsor atau bencana alam, jalur mudik, depo Pertamina, hingga tempat akomodasi dan penginapan.

Personel Polda Maluku juga akan disiagakan disejumlah posko pelayanan dan posko terpadu yang tersebar di wilayah Maluku. Adapun posko pelayanan itu bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat selama berlangsungnya operasi ketupat. (SMH)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top