MALUKU

Amankan Pasokan Listrik Saat Idul Fitri, PLN Siagakan 725 Personel

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Maluku-Maluku Utara Ramli Malawat

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara (M2U) akan menyiagakan 725 personelnya di seluruh unit pembangkit listrik di dua wilayah itu dalam rangka mengamankan pasokan listrik saat lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Ratusan petugas yang dikerahkan untuk mengamankan pasokan listrik di wilayah Maluku dan Maluku Utara itu akan bertugas selama 24 jam terhiting sejak H-7 hingga H+7 perayaan Idul Fitri,”kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Maluku-Maluku Utara, Ramli Malawat kepada waratwan di Ambon, Jumat (1/6/2018).

Ramli menjelaskan, pihaknya meningkatkan kesiagaan penuh dengan mengerahkan ratusan petugas untuk menjaga pasokan listrik itu agar saat menjelang dan setelah perayaan Idul Fitri tidak ada gangguan listrik.

Saat ini kata dia daya listrik di Maluku dan Maluku Utara sangat mencukupi untuk ketersediaan pasokan lisyrik selama Idul Fitri di Maluku dan Maluku Utara.

“Comtohnya seperti di sistem Ambon sendiri, daya mampu yang dimiliki oleh PLN yaitu sebesar 70,3 MW dan diperkirakan beban puncak saat Idul Fitri mendatang akan mencapai 50,9 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 19,4 MW,”ungjapnya.

Sementara untuk sistem Ternate-Tidore, daya mampu yang dimiliki oleh PLN yakni sebesar 44,2 MW dengan beban puncak diprediksi akan mencapai 31,1 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 13,1 MW.

“Disamping itu, PLN juga akan menyiapkan posko pengamanan siaga Idul Fitri 1439 Hijriah yang tersebar di seluruh unit PLN. Kesiapan itu dilakukan PLN sebagai langkah antisipasi maupun percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik,”terangnya.

Ramli juga menambahkan pada bulan Ramadhan ini wilayah Maluku dan Maluku Utara sedang dilanda cuaca yang cukup ekstrim seperti hujan deras dan angin kencang. Hal itu tentunya juga berdampak pada sistem kelistrikan.

“Atas gangguan yang terjadi itu kami memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamaman yang mungkin dialami. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga infrastruktur kelistrikan di sekitarnya seperti menjaga kebersihan jaringan dari pohon. Apabila terdapat gangguan listrik di sekitar, agar langsung menghubungi Contact Center PLN 123”, pintanya. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top