by

Anggaran Proyek Pembangunan di Maluku Terus Ditingkatkan

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Anggaran proyek pembangunan di Provinsi Maluku yang dikucurkan dari Pemerintah Pusat terus mengalami peningkatan.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indarwati menyampaikan proyek-proyek yang bersumber dari APBN di Maluku sangatlah banyak. Selain itu banyak proyek di Maluku yang ikut di danai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Untuk proyek-proyek di Maluku sebagain besar di danai oleh surat berharga sariah negara secara signifikan,”kata Sri Mulyani saat menyampaikan sambutannya dala acara pengresmian Dermaga TNI AL di kawasan Lateri, Ambon Rabu (9/1/2019).

Dia menjelaskan, pada tahun 2015 anggaran proyek pembangunan melalui dana SBSN hanya mencapai 54 miliar, namun anggaran tersebut mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2016 mencapai Rp 481 miliar.

“Jadi hampir sembilan kali lipat kenaikannya untuk rekonstruksi jalan di Maluku dan pembangunan dermaga TNI AL yang dikerjakan dengan system multi years sejak tahun 2016,”katanya.

Sri Mulyani menerangkan pada tahun 2017, provinsi Maluku kembali mendapatkan dana SBSN sebesar 386,3 miliar dan pada tahun 2019 ini mencapai 346,3 miliar.

Anggaran pembangunan melalui SBSN tersebut diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air dan pembanguna kampus serta asrama haji di Maluku.

“Untuk tahun 2017 agak menurun sedikit sedangkan tahun 2019 ini akan naik lagi menjadi Rp 346,6 miliar. Jadi keseluruhannya untuk pembangunan jalan raya, pembangunan infrastruktur sumber daya air dan pembangunan asrama haji kampus Universitas Pattimura dan IAIN Ambon,”jelasnya.

Sementara untuk Dana Alokasi Umum (DAU), Sri Mulyani menjelaskan, untuk tahun 2019 ini Maluku akan mendapatkan transfer sebesar Rp, 1,669 triliun. Adapun untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai 234 miliar dan DAK non fisik sebesar649,9 miliar.

“Untuk DAK fisik yang tadinya Rp 70 miliar tahun 2014 sekarang 2019 mencapai Rp 234 miliar, sedangkan DAK non fisik meningkat dari Rp 231 miliar pada tahun 2013 menjadi Rp 649,9 miliar tahun 2019.Kita juga masih memberikan dalam bentuk bagi hasil nanti kita lihat di GBH pajak,”paparnya.

Saat meresmikan dermaga TNI AL itu, Menteri Srimulyani ikut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Komandan Lantamal IX Ambon. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI