POLITIK

AV Beberkan Alasan HEBAT Banting Setir Lewat Jalur Independen

Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) resmi memilih berjuang melalui jalur independen untuk maju di Pilgub Maluku 2018 mendatang.

Meski keduanya ikut mendaftar di sejumlah partai politik, namun belakangan tim pasangan HEBAT mulai bergerilia mengumpulkan KTP dari masyarakat sebagai bentuk ikhtiar politik jika pasangan ini gagal direkomendasi oleh partai politik.

Upaya pengumpulan KTP di masyarakat mulai gencar dilakukan setelah Partai NasDem dan Hanura resmi mengusung Irjen Pol Murad Ismail sebagai calon gubernur Maluku. Saat ini Mantan Kapolda Maluku itu telah resmi mengantoingi 4 rekomendasi partai termasuk PAN dan terakhir PKPI yang baru saja menyerahkan rekomendasinya ke Murad, pada Minggu (22/10/2017).

Situasi semakin tidak menguntungkan bagi pasangan HEBAT setelah PKS ikut merekomendasikan calon petahana Said Assagaff, disusul PKB yang telah resmi memilih Barnabas Orno dan Habiba Pellu sebagai jagoannya. PKB sendiri sebelumnya diyakini bakal memberikan rekomendasi kepada pasangan HEBAT termasuk juga Partai Hanura dan NasDem.

Praktis hanya tersisa lima partai politik yang belum menjatuhkan pilihannya yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PPP dan Partai Golkar. Namun untuk Partai Golkar kemungkinan besar telah menjatuhkan pilihannya kepada kadernya sendiri Said Assagaff dan hanya tinggal menunggu penyerahan rekomendasi.

Melihat peluang yang sangat kecil untuk memperebutkan rekomendasi partai politik itulah, pasangan HEBAT lantas banting setir untuk maju melalui jalur independen.

“Kepetusuan tersebut kami ambil, lantaran kami meilhat situasi dan kondisi dalam proses partai. Kami melihat peluang kami sangat kecil untuk mendapatkan rekomendasi partai politik,” kata Abdullah Vanath kepada waratwan di kediamannya di kawasan Lorong Putri, Air Kuning Ambon, Minggu (22/10/2017).

Dia beralasan keputusan untuk maju melalui jalur independen telah direncanakan jauh hari sebelumnya, meski pihaknya telah ikut mendaftar di semua partai politik dan mengikuti semua proses dan mekanisme partai yang ada,“Kalau hasilnya kurang meyakinkan, buat apa lagi kita buang-buang waktu disana,”katanya.

Dia menjelaskan undang-undang telah memberikan ruang untuk setiap warga negara maju melalui jalur independen, karena itu pihaknya telah berkomitmen untuk bersama relawan dan rakyat berjuang melalui jalur tersebut.

“Undang-undang sudah jelas, jadi kita bisa maju melalui jalur independen, maka kami akan terus berjuang terus bersama seluruh tim dan relwan kami,”paparnya.

Dia mengaku kemunculan pasangan HEBAT di Pilgub Maluku 2018 tentu akan menjadi ancaman berarti bagi calon lainnya sebab menurut AV , dia dan Herman sejauh ini masih memiliki basis masa yang sangat kuat dan loyal hingga saat ini.

“Waktu saya maju di Pilgub tahun 2013, jalan saya dihadang banyak sekali, sampai-sampai posisi saya di Demokrat juga diganjal. Dan keputusan menempuh jalur independen ini juga merupakan suatu bentuk ikhtiar kami. Karena saya dan pak Herman ini kan pasangan yang memiliki basis besar serta ancaman bagi mereka,” terangnya.

AV mengaku pihaknya sendiri sudah tidak mau lagi ambil pusing dengan keputusan partai politik untuk merekomendasikan siapa di Pilgub Maluku nanti. Saat ini pihaknya hanya fokus untuk mengumpulkan KTP di masyarakat guna memenuhi syarat guba bisa maju di Pilgub Maluku.

“Buat apa lagi menunggu sesuatu yang jau dari kepastian.Saya bersama semua tim jauh-jauh hari juga sudah mengumpulkan KTP serta tanda tangan dukungan dari semua kabupaten/kota untuk mencukupi kuota yang ada di KPU sebagai syarat. Jadi tidak akan menunggu lama lagi soal rekomendasi parpol,”tandasnya. (SME)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top