POLITIK

BAILEO Unggul di 6 Kabupaten, Termasuk di Lumbung Golkar

Calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Murad Ismail mengangkat dua jari bersama para pendukungnya
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) secara mengejutkan keluar sebagai pemenang dalam quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei, Rabu (27/6/2018).

Konsultan Citra Indonesia (KCI)-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) misalnya memenangkan pasangan Baileo dengan perolehan 40.90 persen disusul petahana Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) 31,58 persen suara. Sementara pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (Hebat) 27,52 persen.

Hasil rilis tersebut diprediksi tidak akan mempengaruhi pemenang Pilkada Maluku yang telah diraih pasangan Baileo, sebab data yang masuk telah mencapai angka 91.00 persen. Selain itu sisa data yang belum terinput umumnya tersebar di basis pasangan Baileo.

Dari data yang dipaparkan, pasangan Baileo unggul di enam kabupaten di Maluku yakni di Kabupupaten Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru, Buru, Buru Selatan, Maluku Barat Daya dan di Kabupaten Maluku Tengah.

Sedangkan pasangan Santun unggul di tiga kabupaten yakni di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Maluku Tenggara, adapun pasangan Hebat unggul di Kota Tual dan Kota Ambon.

“Pasangan Baileo unggul di enam kabupaten, pasangan Santun di tiga kabupaten dan pasangan Hebat di kota yakni Ambon dan Tual,”ungkap peneliti KCI-LSI, Ikrama Masloman saat menyampaikan keterangan pers di Hotel Santika Ambon, Rabu (27/6/2018).

Yang menarik dari hasil hitung cepat tersebut, pasangan Baileo mampu mendapatkan suara yang sangat signifikan di kabupaten Buru. Kemenangan pasnagan Baileo di kabupaten penghasil minyak kayu putih ini terbilang mengejutkan karena selama ini Buru dikenal sebagai basis kuat suara Partai Golkar di Maluku.

Selain itu Bupati Buru, Ramli Umasugi didaulat langsung sebagai ketua tim pemenangan pasangan Santun untuk memenangkan Said Assagaff yang tak lain adalah Ketua DPD Golkar Maluku dan Rentanubun.

“Kami memastikan pasangan Baileo telah memenangkan Pilkada Maluku, namun sebaiknya kita tunggu bersama-sama hasil keputusan KPU Maluku,”ujarnya (SMH)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top